Kembar 3 Disebut Triplet, Apa Istilah untuk Bayi Kembar 9?

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 12:15 WIB
Halima Cisse, perempuan asal Mali, melahirkan 9 bayi kembar. Apa istilah bayi kembar 9? Halima Cisse, perempuan asal Mali, melahirkan 9 bayi kembar. Apa istilah bayi kembar 9? (iStockphoto/EKSTAZA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Halima Cisse, perempuan asal Mali, melahirkan 9 bayi kembar. Sebanyak lima bayi perempuan dan empat bayi laki-laki lahir selamat dengan proses caesar pada Selasa (4/5).

Kelahiran 9 bayi kembar ini cukup mengejutkan sebab sebelumnya cek ultrasound di Mali dan Maroko mengindikasikan Cisse akan memiliki 7 bayi. Melansir dari CNN, Menteri Kesehatan dan Pembangunan Sosial Mali, Fanta Siby mengatakan baik ibu maupun bayi dalam kondisi sehat.

Jika biasanya bayi kembar yang lahir hanya berjumlah 2-5 bayi, kelahiran bayi kembar 9 memang mencengangkan. Jika bayi kembar tiga disebut triplet, lantas apa istilah bayi kembar 9?


Kondisi kelahiran 9 bayi dalam waktu bersamaan disebut nonuplet. Mungkin istilah ini masih asing di telinga sebab fenomena semacam ini cukup langka. Kemudian, apa istilah kelahiran dalam waktu bersamaan tetapi dalam jumlah berbeda?

- Twin: kembar dua
- Triplet: kembar tiga
- Quadruplet: kembar empat
- Quintuplet: kembar lima
- Sextuplet: kembar enam
- Septuplet: kembar tujuh
- Octuplet: kembar delapan
- Nonuplet: kembar sembilan

Apakah Cisse mampu memecah rekor atas kelahiran 9 bayinya?

"Kami belum memverifikasi ini sebagai rekor karena keselamatan baik ibu dan bayi-bayinya adalah prioritas utama," kata perwakilan Guinness World Records seperti dikutip dari NPR.

Profesor Yousef Alaoui, direktur medis klinik Ain Borja di Casablanca, Maroko, tempat Cisse melahirkan, berkata bayi lahir dalam usia 30 minggu. Bayi memiliki berat badan antara 500 gram dan 1 kilogram.

Cisse dalam perawatan intensif tetapi kondisinya stabil. Dia sempat mengalami pendarahan parah terkait pembesaran rahim. Sebenarnya dokter telah berusaha menunda kelahiran untuk memberikan waktu tambahan buat janin berkembang. Namun ternyata persalinan harus berlangsung lebih cepat. Klinik pun mengerahkan 30 orang staf untuk membantu persalinan dan merawat 9 bayi ini.

Hingga kini rekor kelahiran kembar terbanyak dan selamat dipegang oleh Nadya Suleman pada 2009. Perempuan California ini melahirkan 8 bayi bersamaan secara caesar.

(els/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK