Sheer Kurma, Bihun Manis Kurma Sajian Lebaran Asia Selatan

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 12:15 WIB
Sheer kurma menjadi salah satu sajian khas Idulfitri di Asia Tengah. Sajian ini berupa puding yang terbuat dari kurma, bihun, dan susu dengan cita rasa manis. Sheer kurma menjadi salah satu sajian khas Idulfitri di Asia Tengah. (iStockphoto/ShashikantDurshettiwar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap masyarakat tentu punya sajian khas yang biasa disantap saat Idulfitri. Seperti masyarakat Indonesia yang menyajikan ketupat, beberapa negara di Asia Selatan menyajikan kurma.

Sheer kurma, atau puding kurma adalah panganan yang biasanya disajikan di India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan. Berbeda dengan sajian Lebaran di Indonesia yang umumnya bercita rasa gurih-asin dan sedikit pedas, sheer kurma memiliki rasa manis.

Rasa manis tersebut berasal dari buah kurma dan susu cair yang digunakan sebagai bahan utama.


Melansir Mashed, Sheer kurma adalah hidangan mirip puding. Sheer kurma orisinal dibuat dengan tiga bahan, yaitu susu, bihun, dan kurma.

Agar cita rasanya bervariasi, biasanya sheer kurma juga menggunakan beberapa jenis kacang-kacangan seperti pistachio, kacang mete, dan kacang almond. Beberapa orang juga menambahkan kelapa dan buah-buahan kering dalam hidangan tersebut.

Karena menggunakan kurma dan susu, sheer kurma memiliki rasa manis yang alami. Kuah susu pada sheer kurma terkadang dicampur dengan kunyit atau kapulaga untuk menambah cita rasa. Sementara bihunnya dipotong pendek-pendek sehingga lebih mudah dimakan.

Cara memasaknya pun mudah, hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk menyajikan sheer kurma.

Pertama, panggang kacang atau buah kering yang akan digunakan dengan mentega ghee. Beberapa orang juga memanggang bihun hingga warnanya agak keemasan.

Setelah semua bahan dipanggang, maka didihkan susu dengan api kecil dan masukkan bihun. Ketika sudah mulai mendidih, masukkan kacang dan buah kering yang sudah dipanggang, serta kurma yang sudah dibuang bijinya. Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti kunyit dan kapulaga untuk menambah aroma dan cita rasa.

Saat bihun terlihat mengental, maka sheer kurma sudah matang dan siap disajikan.

Di beberapa negara muslim di Asia Selatan, sheer kurma disajikan dan disantap setelah menunaikan salat Idulfitri. Tertarik menyajikan panganan satu ini saat Idulfitri nanti?

Resep Sheer Kurma

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK