Bahaya Infeksi Jamur Hitam yang Intai Pasien Covid-19 India

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 15:47 WIB
Infeksi Mucormycosis atau 'jamur hitam' menyerang banyak pasien covid-19 di India. Ada banyak risiko kesehatan yang mengintai akibat jamur ini. ilustrasi mata merah (Istockphoto/ViDi Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Infeksi Mucormycosis atau dikenal juga sebagai 'jamur hitam' menyerang banyak pasien covid-19 di India. Melansir India Today, sebanyak 8 orang penyintas Covid-19 dengan infeksi jamur hitam kehilangan fungsi penglihatan. Sementara pasien covid-19 lainnya terus berdatangan dengan gejala jamur hitam.

Jamur hitam atau Mucormycosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh fungi (jamur) yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar. Sementara itu, CDC mengatakan, setiap orang bersentuhan dengan spora jamur yang bisa menyebabkan Mucormycosis setiap harinya.

Jamur bisa ditemukan di tanah, tanaman, atau buah dan sayur yang busuk. Spora jamur bisa terhirup melalui udara dan menginfeksi tubuh. Pada kondisi sehat, infeksi fungi ini tidak menjadi masalah bagi tubuh karena sistem imun tubuh dapat melawannya. Namun pada orang dengan sistem imun lemah, infeksi akibat fungi dapat sangat berbahaya.


Selain sistem kekebalan tubuh yang lemah, kadar gula darah tinggi juga rentan memicu Mucormycosis. Penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi oleh orang dengan diabetes dapat mempengaruhi kadar gula darah dan mendukung pertumbuhan jamur penyebab Mucormycosis.

Infeksi jamur hitam yang menyerang pasien covid-19 di India ini menyebabkan berbagai bahaya. Bagi pasien covid-19, infeksi jamur hitam ini akan memperparah kondisi mereka.

Infeksi jamur hitam juga dapat membuat seseorang kehilangan fungsi bagian tubuh.

Mengutip Healthline, infeksi Mucormycosis ini juga bisa menyebabkan kondisi kesehatan dan penyakit lainnya berkembang.

"Infeksi jamur hitam ini bisa sangat berbahaya jika tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan pada wajah, hidung, mata dengan kerusakan dan kehilangan penglihatan dan juga menyebabkan infeksi otak yang invasif, "kata Dr. Mahesh Kumar, Konsultan -Internal Medicine, Narayana Health City, Bengaluru, kepada IANS.

Mucormycosis termasuk jamur yang sangat berbahaya karena bisa menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke paru-paru atau otak. Ini dapat menyebabkan infeksi otak, kelumpuhan, radang paru-paru, kejang, kebutaan, sampai kematian.

Dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, jamur hitam Mucormycosis ini juga disebut penyebab penyakit maxillary osteomyelitis atau kelainan pada tulang wajah rahang atas.

Gejala dan Pencegahan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK