Geram Miss Universe Kanada karena Ejekan Rasial 'Ayam Gosong'

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 18:30 WIB
Nona Stevens, perwakilan Miss Universe 2020 Kanada, mengaku mengalami perlakuan rasial di media sosial. Nona Stevens, perwakilan Miss Universe 2020 Kanada, mengaku mengalami perlakuan rasial di media sosial. (Tangkapan layar instagram @thenovastevens)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nova Stevens, perwakilan Miss Universe 2020 Kanada, mengaku mengalami perlakuan rasial di media sosial.

Dia mengungkapkan banyak orang di dunia mata menghinanya karena warna kulitnya yang gelap.

Stevens mengunggah beberapa tangkapan layar di Instagram pada hari Selasa, menunjukkan beberapa orang memanggilnya "terbakar," "hantu," "ayam gosong," dan "menakutkan." Ungkapan rasial ini juga diterimanya dari orang-orang Asia, termasuk Filipina. Dia menunjukkan bahwa pernyataan diskriminatif datang bahkan di tengah gerakan Black Lives Matter dan seruan untuk mengakhiri serangan rasial terhadap orang Asia.


"Saya sangat kecewa dengan beberapa penggemar Kontes dari negara tertentu," katanya dikutip CNN Filipina dari instagramnya.

"Apakah memang sulit untuk menyebarkan cinta daripada kebencian? Tidak ada yang mengatakan Anda HARUS mendukung semua kontestan, yang kami katakan adalah Anda mendukung delegasi Anda tanpa menjatuhkan yang lain."

"Dunia sedang berkembang, orang-orang menyadari bahwa kecantikan tidak hanya dimiliki oleh satu kelompok orang tertentu. Definisi kecantikan berlaku untuk semua; karena keindahan dapat dilihat dalam berbagai bentuk, corak dan ukuran. Silakan lihat keindahan yang ada di dunia ini. Kita tidak perlu terlihat sama, kita hanya perlu memperlakukan satu sama lain dengan cara yang sama.

[Gambas:Instagram]

Stevens kemudian mengklarifikasi bahwa dia tidak bermaksud semua orang Filipina rasial dan meminta maaf atas kemungkinan kerugian yang disebabkan pernyataannya. Posting terbarunya juga memasukkan komentar positif dari orang Filipina.

"Hal terakhir yang saya inginkan adalah setiap orang mengalami kebencian, jadi tolong jangan menghina atau menggeneralisasikan fans Filipina; tidak semuanya rasial," katanya.

"Dukung wakil pilihan Anda dengan cinta dan hormat untuk delegasi lain karena mereka juga berhak atas mahkota 'Miss Universe'. Sebarkan cinta bukan benci."

Stevens akan berkompetisi bersama taruhan Filipina Rabiya Mateo dan 72 lainnya dalam kontes Miss Universe 2020 di Hollywood, Florida pada 16 Mei (17 Mei di Manila). Mateo mendesak semua orang Filipina untuk menghormati pesaingnya dan juga meminta maaf kepada Stevens atas nama mereka.

Di ajang Miss Universe, Indonesia diwakili oleh Raden Roro Ayu Maulida Putri. Malam penghargaan Miss Universe 2021 ini akan digelar pada Senin, 17 Mei 2021 dari Florida, Amerika Serikat.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK