5 Tips Pola Makan Sehat Usai Lebaran

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 05:38 WIB
Sebulan berpuasa penuh di bulan Ramadan dan momen Lebaran membuat pola makan jadi kacau balau. Berikut tips pola makan sehat usai Lebaran. Ilustrasi. Sebulan berpuasa penuh di bulan Ramadan dan momen Lebaran membuat pola makan jadi kacau balau. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lebaran baru saja usai. Tak jarang orang merasa kesulitan mengontrol perilaku makan setelah pesta makan besar saat hari kemenangan.

Sayangnya, perilaku makan yang tak sehat bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Mulai dari badan yang melar hingga berbagai kondisi terkait kadar kolesterol dan gula darah tinggi.

Untuk itu, penting bagi Anda agar tetap menjaga perilaku makan sehat usai Lebaran. Berikut tips makan sehat usai Lebaran, mengutip berbagai sumber.


1. Batasi asupan tinggi lemak dan manis

Sebagian besar hidangan Ramadan kaya akan kandungan lemak. Tak hanya memicu lonjakan berat badan, asupan lemak berlebih bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Sebisa mungkin Anda disarankan untuk mengurangi asupan berminyak dan tinggi lemak. Perhatikan pola makan sehat yang bisa menetralkan kembali tubuh dari terlalu banyak lemak saat Lebaran.

Tak hanya itu, hindari juga makanan dan minuman manis. Konsumsi makanan dan minuman manis hanya akan memperburuk kadar gula darah setelah sebelumnya dibuat 'kacau balau' oleh makan besar saat Lebaran.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan untuk mengimbangi makanan yang cenderung berlemak saat Lebaran. Pertahankan kebiasaan makan sayur dan buah meski Lebaran telah usain untuk menetralisir tubuh.

Asupan buah dan sayur dapat memperkaya serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh.

3. Minum banyak air

Mengutip Shape, tubuh yang tetap terhidrasi adalah kunci dari segalanya. Asupan air akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Apalagi, setelah berpuasa selama sebulan penuh, kadar glikogen dalam tubuh akan meningkat. Konsumsi banyak air akan menormalkan kembali kadar glikogen.

4. Kembali ke pola makan teratur

Puasa sebulan penuh ditambah pesta makan besar saat Lebaran membuat pola makan jadi tak teratur. Saat Lebaran, misalnya, makanan yang selalu tersedia setiap waktu tak jarang membuat banyak orang sulit berhenti mengunyah.

Untuk mengembalikan tubuh ke posisi 'normal', Anda disarankan untuk mengikuti pola makan teratur seperti sedia kala. Lakukan perlahan agar tubuh tak merasa kaget, hingga akhirnya Anda menemukan ritme seperti sedia kala.

Jangan lupa juga untuk makan saat merasa lapar dan berhenti saat merasa kenyang.

5. Imbangi dengan aktivitas fisik ringan

Ada baiknya buang kalori berlebih dalam tubuh dengan aktivitas fisik yang ringan, salah satunya dengan berjalan kaki. Olahraga ringan seperti ini dapat membantu Anda membakar kalori berlebih tanpa membuat Anda merasa terlalu lelah dan mual.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK