Doa untuk Palestina Merujuk NU dan MUI

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 13:18 WIB
Sebagai bentuk solidaritas, doa untuk Palestina merujuk NU dan MUI berikut ini dapat dilafalkan. Sebagai bentuk solidaritas, doa untuk Palestina merujuk MUI dan NU berikut ini dapat dilafalkan. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seruan doa untuk Palestina dan bentuk dukungan lainnya masih menjadi perhatian dunia internasional saat ini, setelah terulang kembali tindakan pelanggaran kemanusiaan oleh Israel.

Di Indonesia, gelaran doa bersama untuk Palestina diadakan oleh sejumlah lembaga yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dikutip dari Antara.

Adapun bacaan yang dipanjatkan untuk solidaritas Palestina adalah doa qunut nazilah. Merujuk pada laman NU online, PBNU membacakan doa secara sirri atau tidak dilafalkan, seperti berikut:


"Ya Allah, turunkan kutukan-Mu kepada musuh-musuh saudara kami bangsa Palestina yang tengah memperjuangkan kemerdekaan mereka."

"Kutuki pula orang-orang kafir yang membantu musuh-musuh kami, mereka yang menghalang-halangi agama kami, mereka yang menindas saudara-saudara kami."

"Mereka yang membunuh para pejuang Palestina dan mereka yang menghalangi perjuangan kami, mereka yang berusaha untuk memadamkan cahaya agama kami, pecahkan persatuan mereka, goncangkan segala rencana dan kebulatan mereka."

"Turunkanlah kepada mereka siksaan-Mu yang tiak mungkin bisa ditangkis oleh mereka, karena mereka terdiri dari orang-orang yang durhaka dan aniaya."

"Ya Allah, tolonglah kami dan para pejuang rakyat Palestina, lenyapkan penderitaan mereka, dan kuatkan perjuangan mereka. Semoga tetap sejahtera Nabi Muhammad tercinta, segenap keluarga dan handai tolannya."

Doa untuk Palestina yang dirilis NU ini telah diterjemahkan secara seragam dan dianjurkan membacanya setiap kali selesai salat.

ilustrasi doaDoa untuk Palestina dapat dibaca setiap kali selesai salat. (Foto: istockphoto/mkitina4)

Sementara itu, berdasarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) doa qunut nazilah yang juga bisa dibacakan.

"Allaahummahdii fiiman hadaiyt, Wa'aafinaa fiiman'aafaiyt, Wa taeallani fiiman tawallaiyt, Wa baarikli fiimaa a'thoiyt, Wa qini syarro maa Qodloiyt, Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo'alaiyk, Wa innahu laa yadzillu man waalayt, Wal aa ya'izzu man'aadaiyt, Tabaarokta robbanaa wa ta'aalaiyt, Fa lakal hamdu'alaa maa qodloiyt."

"Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk, Allaahummadfa''annal gholaa'a wal balaa'a wal wabaa'wal fahsyaa'a wal munkar, Was suyuufal mukhtalifata wasy syadaaida wal mihan, Maa zhoharo minhaa wa maa bathon, mim balainaa hadzaa khoosshoh, wa min buldaanil muslimiina'aammatan innaka'alaa kulli syaiin qadiir, wa shallaahu'alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin."

"Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan, karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi."

"Maka berkahlah Engkau dan maha luhurlah Engkau. Segala puji bagi Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

Doa untuk Palestina atau qunut nazilah ini sebaiknya dibaca pelan atau sirri terutama ketika salat zuhur dan asar. Sedangkan boleh dibaca keras saat salat magrib, isya, serta subuh.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK