9 Kebiasaan Baik untuk Kulit Lebih Sehat

tim | CNN Indonesia
Jumat, 21 Mei 2021 07:02 WIB
Segala upaya memiliki kulit sehat bakal sia-sia jika tidak diimbangi dengan kebiasaan baik. Cek kebiasaan-kebiasaan baik di bawah ini untuk kulit lebih sehat. Ilustrasi. Segala upaya memiliki kulit sehat bakal sia-sia jika tidak diimbangi dengan kebiasaan baik. Cek kebiasaan-kebiasaan baik di bawah ini untuk kulit lebih sehat. (iStock/Vera_Petrunina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa yang tak ingin memiliki kulit sehat dan berkilau atau glowing? Tidak heran sebagian orang berinvestasi cukup besar untuk perawatan kulit wajah mulai dari produk perawatan kulit atau skincare hingga kunjungan ke klinik kecantikan.

Hanya saja, segala macam daya upaya demi memiliki kulit sehat bakal sia-sia jika tidak diimbangi dengan kebiasaan-kebiasaan baik setiap hari.

Mulai sekarang, ubah kebiasaan begadang, 'mager' alias malas gerak, dan sederet kebiasaan lain yang tanpa sadar malah membuat kondisi kulit memburuk.


Sebagai gantinya, cek kebiasaan-kebiasaan baik di bawah ini untuk kulit lebih sehat.

1. 'Beauty sleep'

Mona Gohara, profesor rekanan klinis di departemen dermatologi, Yale School of Medicine, mengatakan tidur merupakan prioritas paling atas. Tidur cukup akan melindungi kulit dari dampak buruk stres dan inflamasi.

Dengan kata lain, kurang tidur akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Oleh karenanya ada istilah 'beauty sleep' atau tidur demi kecantikan juga kesehatan kulit.

Dalam sebuah studi kecil pada Maret 2020 meneliti kulit perempuan Korea berusia 40 tahun.

Studi yang diterbitkan di Skin Research and Technology ini menemukan hanya tidur selama 4 jam bisa mengurangi kelembapan, elastisitas dan kemilau kulit, bahkan timbul kerutan-kerutan di sejumlah area wajah.

2. Aktivitas luar ruangan

Aktivitas luar ruangan sangat disarankan agar kulit lebih sehat. Sebaiknya Anda tidak lupa memberikan kulit perlindungan berupa SPF agar bebas dari dampak buruk sinar UV.

Aktivitas mulai dari jogging, jalan kaki, bersepeda, ada banyak pilihan untuk dilakukan. Carmen Anthony Julian, ahli dermatologi di US Dermatology Partners, berkata Anda tidak harus melakukannya tiap hari. Namun kuncinya adalah dilakukan teratur.

"Memberikan jarak dengan pekerjaan dan rumah, berada di alam, terbukti mendorong produksi endorfin dan menurunkan kortisol," jelas Julian, seperti dikutip Livestrong.

3. Mengeringkan kulit dengan lembut

Penting untuk menjaga kulit wajah tetap bersih. Anda tentu khatam dengan kebiasaan 'double cleansing' alias dua langkah membersihkan wajah. Namun satu hal yang kerap terlupakan yakni cara Anda mengeringkan wajah setelah cuci muka.

Marisa Garshick, ahli dermatologi di MDCS Dermatology, New York City, berkata dia memastikan hanya menepuk lembut wajah dengan handuk, bukan menggosok dengan keras. Tak selang berapa lama, ia segera mengaplikasikan pelembap.

Sedangkan untuk kulit kaki, ia memilih menggunakan petroleum jelly sebelum dibungkus dengan kaus kaki.

"Ini membantu mengunci kelembapan dan membantu kulit mempertahankan minyak alaminya agar terhindar dari kekeringan," katanya.

4. SPF buat bibir

Tak hanya kulit wajah yang memerlukan SPF, bibir pun memerlukan lip balm yang melembapkan dan mengandung SPF. Saat aktivitas luar ruangan, bibir pun masih terkena paparan sinar UV.

"Bibir yang terpapar sinar UV akan menimbulkan kondisi yang disebut actinic cheilitis, di mana bibir kering dan pecah-pecah akibat sinar matahari," ujar Garshick.

Kebiasaan Baik untuk Kulit Lebih Sehat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER