10 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 16:00 WIB
Ada banyak tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi, mulai dari pantai, danau, sampai museum fenomenal. Ada banyak tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi, mulai dari pantai, danau, sampai museum fenomenal. (Foto: Istockphoto/cecepyusna)
Jakarta, CNN Indonesia --

Provinsi Bangka Belitung cukup sering dijadikan rujukan tempat wisata bagi para turis dalam negeri atau mancanegara untuk berlibur.

Selain memiliki segudang pesona alam yang eksotis, tempat bersejarah, hingga wisata kuliner khas, biaya paket wisata lengkap ke Bangka Belitung pun masih terjangkau.

Ada banyak tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi, mulai dari pantai, danau, sampai museum fenomenal. Berikut tempat wisata di Negeri Laskar Pelangi yang direkomendasikan bagi Anda.


1. Pantai Tanjung Tinggi

Sesuai dengan namanya Pantai Tanjung Tinggi, di sini Anda akan melihat hamparan berbatuan granit menjulang tinggi yang bersanding dengan air laut jernih dan pasir putih lembut.

Hanya sekitar 60 menit dari kawasan Bandara HAS Hanandjoeddin, Pantai Tanjung Tinggi cukup terkenal karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi dan masuknya gratis.

2. Pantai Tanjung Pendam

[Gambas:Instagram]

Pantai Tanjung Pendam bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk dikunjungi. Selain pantai, lokasi ini dilengkapi galeri kerajinan hingga tempat kuliner yang menyajikan aneka seafood.

Masuk ke kawasan Pantai Tanjung Pendam gratis. Namun bagi Anda pendatang luar Bangka Belitung, tempat wisata ini menyediakan cukup banyak penginapan dengan harga bervariasi.

3. Pantai Parang Tenggiri

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai lebih privasi, silakan kunjungi Pantai Parang Tenggiri yang berlokasi di Sungailiat.

Area Pantai Parang Tenggiri ini berada di dalam kawasan resor. Khusus pengunjung yang tidak menginap dikenakan biaya Rp25 ribu per orang.

4. Ketawai Island Center Bangka

Pulau Ketawai merupakan tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi karena termasuk pulau kecil tak berpenghuni serasa pulau pribadi.

Area ini banyak tumbuh pohon kelapa. Meski tak berpenghuni, tempatnya tersedia toilet dan musala bagi pengunjung. Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu snorkeling atau jet ski.

5. Danau Kaolin Belitung

Alat berat beroperasi di area tambang Kulong Kaolin yakni danau yang tercipta akibat kegiatan penambangan kaolin di Desa Perawas, Tanjungpandan, Belitung, Selasa (26/5). Kaolin merupakan bahan baku utama atau pendukung di beberapa industri seperti industri kertas, keramik/porselin, karet/ban, cat, sabun, kosmetik, pasta gigi, pupuk, dan farmasi. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras/15.Danau Kaolin adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi (Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Terletak di Desa Nibung, Bangka Selatan, terdapat tempat wisata Danau Kaolin yang merupakan lokasi bekas penambangan namun sudah ditinggalkan.

Terdapat dua kolam di Danau Kaolin yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berswafoto. Untuk masuknya gratis dan tersedia juga tempat makan dan minum.

6. Bukit Peramun

Salah satu ikon wisata terbaru di Bangka Belitung adalah Bukit Peramun yang ada di Desa Air Selumar. Di kawasan ini terdapat beragam jenis pohon obat hingga tanaman anggrek.

Untuk mencapai puncak Bukit Peramun, pengunjung harus sedikit mendaki selama 30 menit. Lokasi ini memfasilitasi mobil dan sepeda ontel bagi pengunjung yang ingin berkeliling.

7. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.Museum Kata Andrea Hirata adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi (Foto: CNN Indonesia/Windratie)

Selain wisata alam, Anda dapat singgah ke Museum Kata Andrea Hirata dengan koleksinya yang berkaitan seputar karya sastra.

Suasana Museum Kata ini membawa pengunjungnya seperti menapaktilasi novel Laskar Pelangi karya penulis Andrea Hirata.

8. Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia Muntok merupakan gedung bekas kantor pusat perusahaan tambang timah Banka Tinwinning yang kini dikenal sebagai PT Timah Tbk.Museum Timah Indonesia adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi  (Foto: CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami)

Kepulauan Bangka Belitung merupakan satu-satunya penghasil timah di Indonesia. Pertambangan timah juga menjadi sektor primer sebagai struktur perekonomiannya.

Jejak penambangan dapat dilihat secara gratis di Museum Timah Indonesia yang berlokasi di pusat kota Pangkalpinang.

9. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Replika sekolah laskar pelangi di Desa Lenggang Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur.Replika Sekolah Laskar Pelangi di Desa Lenggang Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur ini adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi (Foto: CNN Indonesia/Windratie)

Bangunan sekolah SD Muhammadiyah yang diadaptasi dari novel Laskar Pelangi ini cukup fenomenal dan menjadi ikon wisata wajib untuk dikunjungi.

Tiket masuknya hanya Rp5 ribu dan pengunjung pun bisa merasakan suasana belajar seperti di film terlaris Laskar Pelangi.

10. Pesanggrahan Menumbing

Pesanggrahan Menumbing berlokasi di atas Bukit Menumbing. Bangunan ini menjadi tempat pengasingan Wakil Presiden RI yang pertama, Moh. Hatta oleh pemerintah Belanda pada tahun 1949.Pesanggrahan Menumbingadalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi (Foto: CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami)

Pesanggrahan Menumbing yang berlokasi di Tanjung, Mentok, Bangka Belitung merupakan sebuah kastil yang dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi ini sebelumnya pernah menjadi tempat pengasingan Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta pada 1949. Pengunjung pun bisa belajar sambil berwisata tanpa dipungut biaya.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK