Converse Dituduh Curi Desain Sepatu Calon Anak Magang

tim | CNN Indonesia
Selasa, 25 Mei 2021 16:44 WIB
Desainer asal Florida, Cecilia Monge mengklaim bahwa Converse mencuri desain sepatu miliknya yang sempat ia ajukan saat melamar magang dua tahun lalu. Ilustrasi. Desainer asal Florida, Cecilia Monge mengklaim bahwa Converse mencuri desain sepatu miliknya yang sempat ia ajukan saat melamar magang dua tahun lalu. (Getty Images via AFP/Mario Tama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang desainer asal Florida, Cecilia Monge mengklaim bahwa Converse mencuri desain sepatu miliknya yang sempat ia ajukan saat melamar magang dua tahun lalu.

Tuduhan tersebut ia sampaikan lewat unggahan konten video di TikTok seraya membandingkan desain Converse's Chuck 70 National Parks dengan desain miliknya.

Dalam video tersebut, Monge mengatakan dia telah melamar magang sebagai desainer Converse pada 2019. Sebagai bagian dari persyaratan, ia juga melampirkan ide desain sepatu dan skema warna yang terinspirasi taman nasional.


Sementara dalam pernyataan kepada Insider, perwakilan dari Converse mengonfirmasi bahwa Monge memang melamar magang dua tahun lalu, tetapi "tidak dipekerjakan atau terpilih untuk peran apa pun."

Perwakilan perusahaan itu juga mengatakan bahwa persyaratan yang dikirim tersebut, tidak termasuk dalam permintaan yang dibuat oleh Converse untuk portofolio atau sampel yang akan diserahkan oleh pelamar.

"Saya sangat bersemangat - sangat ingin magang - jadi saya melangkah lebih jauh [mengirimkan desain sepatu]," kata Monge dalam videonya.

Monge memahami bahwa portofolio yang ia kirimkan sebenarnya tidak diperlukan. Namun, demi menunjukkan kepada perusahaan betapa menginginkan posisi tersebut, dia pun berlaku ekstra.

Sayang, pada akhirnya ia tidak diterima magang dan tidak pernah mendengar kabar dari pihak Converse setelah melamar.

Dalam videonya, desainer ini kemudian membagikan dua dari tiga warna yang digunakan untuk koleksi yang kini telah dihapus dari situs web Converse AS (satu pasang dijual seharga US$140 melalui toko online Australia), dan menunjukkan kesamaan antara sepatu ritel dan desainnya.

"Saya tidak berpikir itu kebetulan," kata Monge di video TikTok soal palet warna sepatu tersebut.

Dalam video kedua, Monge pun menunjukkan bukti tangkapan layar bahwa dia mengajukan lamaran magang pada November 2019.

Pihak Converse sendiri mengklaim bahwa mereka telah membuat konsep dan rancangan sepatu tersebut sejak April 2019 dan merilisnya pada Oktober 2020.

"Kami merilis desain Chuck 70, yang mengambil inspirasi dari pola peta badai Nor'easter," kata perwakilan Converse.

Perdebatan ini lantas menarik perhatian warganet. Beberapa dari mereka mendukung keberanian Monge untuk berbicara soal ini dan mengkritik Converse.

"@Converse mengapa Anda mencuri dari para profesional dan bahkan tidak mempekerjakan mereka?" tulis salah seorang netizen.

"Lakukan yang lebih baik @converse dan bayarlah," tulis lainnya.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER