7 Rekomendasi Wisata Kebun Teh di Korea Selatan

tim, CNN Indonesia | Minggu, 30/05/2021 17:10 WIB
Korea Selatan memiliki banyak kebun teh yang menjadi tempat wisata. Berikut tujuh rekomendasi wisata kebun teh di Korea Selatan. Hadong merupakan perkebunan teh hijau yang sudah berusia 1.200 tahun. (iStockphoto/Claudia Hoell)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan tak hanya negara penghasil ginseng, tapi juga teh. Negara ini memiliki banyak kebun teh yang juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Berbeda dengan Indonesia, Korea Selatan lebih banyak memproduksi teh hijau atau green tea. Teh hijau sudah menjadi tradisi dan budaya dalam kehidupan orang Korea.

Wisatawan bisa mencoba teh asli Korea Selatan itu dengan langsung berkunjung ke perkebunan teh yang masih asri.


Berikut tujuh rekomendasi wisata kebun teh di Korea Selatan.

1. Hadong, perkebunan teh hijau pertama Korea

Hadong merupakan perkebunan teh hijau yang sudah berusia 1.200 tahun. Kota Hwagae-myeon di Hadong menjadi penghasil teh paling hijau di kawasan ini.

Di perkebunan ini, pengunjung bisa melihat panorama kebun teh yang indah. Terdapat beberapa spot yang menarik seperti jalan setapak dan lapangan untuk melihat kebun teh dan jalan bunga sakura. Pelancong bisa menikmati keindahan kebun teh ini dengan gratis atau tanpa tiket masuk.

2. Hadong Green Tea Culture Center

Masih di Hadong, terdapat pusat kebudayaan teh hijau atau Hadong Green Tea Culture Center. Pusat kebudayaan ini terletak di dekat pintu masuk ke Kuil Ssanggyesa.

Di pusat kebudayaan ini terdapat banyak informasi mengenai sejarah dan budaya teh hijau di Korea. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi minum teh hijau panggang dalam upacara minum teh tradisional.

Berbagai paket wisata juga disediakan secara gratis untuk pengunjung.

3. Maeam Tea Culture Museum

Sebagaimana dilansir Stripes Korea, Maeam Tea Culture Museum merupakan satu dari delapan situs terkenal di Dawon atau Dawon Eight Scenic Views. Museum ini terletak di Agyang-myeon, Hadong-gun.

Museum ini menawarkan program pembuatan teh mulai dari pemetikan hingga proses produksi. Perkebunan ini masih menggunakan pertanian yang alami. Untuk masuk ke museum dan perkebunan teh ini tidak dikenakan biaya. Namun untuk mengikuti program pembuatan teh pengunjung mesti membayar 30 ribu won atau sekitar Rp385 ribu.

4. Daehan Dawon

Daehan Dawon yang terletak di Boseong, Jeollanam-do adalah perkebunan teh hijau yang terindah di Korea. CNN memilih tempat ini sebagai satu dari 31 tempat terindah di dunia. Lereng perkebunan teh sejauh mata memandang memberikan pemandangan yang memukau.

Para pelancong bisa berfoto di sepanjang jalan. Turis juga bisa menyusuri jalan setapak untuk menikmati keindahan lebih dari 5,8 juta pohon teh hijau dengan lebih dekat.

5. Botjae Dawon

Kebun teh di Boseong, Jeollanam-do, Korea SelatanKebun teh di Boseong, Jeollanam-do, Korea Selatan. (iStockphoto/VDCM image)

Perkebunan teh ini terletak tak jauh dari Daehan Dawon di Boseong. Botjae Dawon menawarkan pemandangan indah di sepanjang jalan yang berkelok-kelok.

6. Second Daehan Dawon

Second Daehan Dawon merupakan lokasi syuting dari drama Korea Summer Scent yang dibintangi oleh Son Ye-jin dan Song Seung-heon. Lokasi Second Daehan Dawon berada bersebelahan dengan Botjae Dawon.

7. Tea Museum of Korea

Museum teh Korea ini terletak berdekatan dengan Daehan Dawon. Pengunjung bisa mempelajari budaya teh hijau, siklus teh hijau, dan sejarahnya di museum ni.

Terdapat sejumlah ruang pameran yang bisa dikunjungi di museum ini. Di lantai lima, pengunjung bisa menikmati keindahan kebun teh melalui ruang observatorium yang menghadap langsung ke kebun teh.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK