5 Salah Kaprah Terkait Kebiasaan Minum Susu

CNN Indonesia
Rabu, 02 Jun 2021 05:58 WIB
Di tengah publik beredar sejumlah anggapan keliru mengenai kebiasaan minum susu, mulai dari penyebab diare hingga bikin gemuk. Ilustrasi. (Daria-Yakovleva/Pixabay)

3. Manfaat susu hanya untuk tulang

Kandungan kalsium dan zat besi dalam susu memang baik untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Namun tidak hanya itu, susu juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

Dalam riset yang diterbitkan Journal of The American College of Nutrition pada 2009 silam, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa asupan produk susu disertai dengan diet rendah garam bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah. Para peneliti menemukan kandungan mineral susu, khususnya kalsium, kalium, dan magnesium yang berfungsi mengatur tekanan darah.

Kemudian dalam riset berbeda di jurnal yang sama ditemukan bahwa diet tinggi produk susu dapat mengurangi gejala pada penderita kanker kolorektal (kanker kolon) dan memperpanjang masa hidup.


"Anggapan susu cuman buat tulang ternyata tidak tepat," kata ahli gizi klinis, dokter Diana F Suganda, beberapa waktu lalu.

Susu juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi susu secara rutin dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan terhindar dari demensia.

4. Tidak semua jenis susu baik untuk tubuh

Sebagian orang mungkin menghindari konsumsi susu sapi, kemudian mengkonsumsi susu kambing. Beberapa lainnya juga menghindari susu hewani dan hanya minum kacang-kacangan seperti susu almond, atau susu kedelai.

Padahal setiap susu mengandung manfaat yang sama baiknya untuk tubuh. Tidak terkecuali susu full cream yang hadir dalam kemasan di supermarket.

Menurut Diana, seseorang tak perlu takut minum susu full cream jika tak memiliki keluhan obesitas. Kuncinya adalah menghitung kalori harian. Perlu diingat bahwa seseorang bisa jadi gemuk bukan karena konsumsi susu, melainkan asupan kalorinya yang sudah berlebih.

"Kalau kita konsumsi susu yang mengandung lemak, kita lebih kenyang, sehingga asupan lain berkurang," ucap Diana.

5. Susu hanya untuk anak

Minum susu baik untuk segala usia, mau itu anak-anak bahkan lansia sekalipun.

Anak memang memerlukan susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang menunjang pertumbuhan. Tapi kalsium juga dibutuhkan oleh orang dewasa sebanyak 1.000-1.200 miligram per hari.

Diana mengatakan, asupan gizi bisa berkurang jika susu diganti dengan sumber makanan lain meskipun jumlah kalsiumnya setara.

Sayuran hijau dan daging merah mungkin bisa menggantikan kalsium susu, namun daging merah tak mengandung serat yang ada dalam susu. Sementara sayuran hijau mungkin punya serat tinggi namun tak memberikan energi yang dibutuhkan tubuh.

Maka dari itu, minum susu sebenarnya tak bisa digantikan dengan sumber makanan lain. Apa pun jenis susu sebenarnya baik untuk tubuh, asal dikonsumsi dengan cukup. Anda juga mungkin harus melihat total asupan harian jika takut berat badan bertambah.

Pilihan susu full cream, low fat, skim, susu kedelai, susu kambing, atau susu sapi hanya soal preferensi rasa. Masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang sama, hanya berbeda dalam kandungan lemak.

(mln/nma)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER