HARI LAUT SEDUNIA

Tips Memilih Tabir Surya yang Aman untuk Terumbu Karang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/06/2021 11:09 WIB
Beberapa kandungan tabir surya diketahui dapat merusak terumbu karang. Berikut tips memilih sunscreen yang aman bagi terumbu karang. Ilustrasi. Beberapa kandungan tabir surya diketahui dapat merusak terumbu karang. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa kandungan tabir surya diketahui dapat merusak terumbu karang. Berikut tips memilih sunscreen yang aman bagi terumbu karang.

Bahan oxybenzone dan octinoxate yang ada di dalam beberapa tabir surya diketahui berdampak buruk untuk terumbu karang. Beberapa bahan juga bersifat karsinogenik dan bisa menyebabkan kanker.

Di Hari Laut Sedunia yang jatuh pada saban 8 Juni ini, masyarakat diingatkan kembali mengenai pentingnya menjaga kelestarian laut, beserta isinya, termasuk terumbu karang.


Untuk menjaga kelestarian laut, Anda bisa mulai mengenakan tabir surya yang menggunakan filter UVA dan UVB. Gunakan tabir surya berbahan zinc dan titanium dioksida, dua jenis mineral yang terbilang aman bagi terumbu karang.

Mengutip berbagai sumber, berikut tips memilih sunscreen yang aman untuk terumbu karang.

1. Kenali bahan berbahaya

Dikutip dari laman Save The Reef, beberapa kandungan dalam tabir surya berbahaya untuk terumbu karang. Beberapa bahan tersebut di antaranya:

- oxybenzone
- octinoxate
- octocrylene
- homosalate
- 4-methylbenzylidene camphor
- PABA
- paraben
- triclosan
- manik-manik mikroplastik atau exfoliating beads
- tabir surya dengan label nanopartikel

2. Cek daftar

Anda juga bisa mengecek daftar terkini merek tabir surya yang aman bagi lingkungan di Haereticus Environmental Lab dan Environmental Working Group.

3. Hindari tabir surya bentuk spray

Hindari penggunaan tabir surya berbentuk spray. Pasalnya, semprotan cairan bisa jatuh ke air atau pasir.

4. Aksesori penghalau matahari

Jika takut terbakar sinar matahari, Anda bisa menggunakan pakaian renang panjang dan aksesori lain yang bisa menghalau terik seperti kacamata, topi, dan payung. Barang-barang ini lebih awet digunakan daripada mengoles tabir surya berkali-kali.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK