Cara Diet Detoks yang Benar

tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 09:10 WIB
Salah satu cara menurunkan berat badan adalah melakukan detoksifikasi atau detoks. Berikut cara diet detoks yang benar. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah melakukan detoksifikasi atau detoks. Berikut cara diet detoks yang benar. (Foto: iStockphoto/NelliSyr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu cara dalam menurunkan berat badan adalah melakukan detoksifikasi atau detoks. Detoks adalah proses membersihkan racun dari tubuh.

Secara alami, tubuh mampu melakukan detoks sendiri. Namun, pada diet detoks, proses mengeluarkan racun dibantu dengan asupan tertentu. Diet detoks dapat mempercepat proses pembersihan racun di dalam tubuh dan diharapkan juga dapat menurunkan berat badan.

Diet detoks biasanya dilakukan pada satu hari dalam seminggu.


Berikut cara diet detoks yang benar.

1. Aturan makan diet detoks

Ilustrasi sayur dan buah-buahan(Foto: Picjumbo)


Saat menjalani diet detoks, asupan makanan yang dibolehkan adalah buah dan sayuran yang tinggi serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien. Konsumsi buah dan sayuran dari pagi hingga malam hari.

Untuk asupan karbohidrat, konsumsi beras merah, hitam, atau cokelat. Saat diet detoks juga boleh mengonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan.

Biarkan tubuh mengonsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi untuk dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Banyak minum air putih

Female drinking from a glass of water. Health care concept photo, lifestyle, close upCara diet detoks yang benar adalah dengan banyak minum air putih. Air putih membantu pembuangan racun lebih optimal. (Foto: iStockphoto/fizkes

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, perbanyak minum air putih atau infused water. Infused water yang menggunakan buah atau sayur dapat menambah vitamin pada air minum Anda. Air membantu  proses pembuangan racun berjalan lebih optimal.

Setiap orang dewasa disarankan minum air 2 liter setiap hari atau sekitar 8 gelas.

3. Jangan makan makanan tinggi gula

Diet Restriction Concept. Portrait of young frustrated black girl with a green measuring tape around her mouthCara diet detoks yang benar adalah dengan tidak mengonsumsi makanan olahan dan makanan tinggi gula. (Foto: iStockphoto/Prostock-Studio)


Jangan konsumsi makanan olahan dan tinggi gula karena dapat membuat detoks gagal. Makanan olahan dan tinggi gula banyak mengandung nutrisi yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Alih-alih membuang racun, tubuh bisa kemasukan nutrisi yang tidak perlu.

4. Jangan konsumsi alkohol


Konsumsi alkohol juga tidak diizinkan saat sedang detoks. Alkohol dapat merusak hati dan ginjal. Kedua organ ini berperan penting dalam proses detoksifikasi yang membuang racun serta zat-zat lain yang tidak diperlukan tubuh.

5. Tidak merokok

NO SMOKING Road Sign - Sky Background - 3D RenderingCara diet detoks yang benar adalah dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok. (Foto: Istockphoto/porcorex)


Saat diet detoks, jangan merokok dan hindari pula asap rokok. Kandungan yang terdapat dalam rokok merupakan racun yang dapat membahayakan tubuh.

6. Berolahraga

Lakukan olahraga ringan untuk membantu proses detoksifikasi. Berolahraga membantu pembakaran lemak dan menghilangkan racun dalam tubuh melalui keringan.

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

7. Tidur yang cukup

Ilustrasi TidurCara diet detoks yang benar adalah dengan tidur yang cukup agar tubuh dapat beristirahat dan bekerja mengeluarkan racun. (Foto: iStock/Vera_Petrunina)


Perhatikan pula pola tidur. Tidur yang cukup memungkinkan otak untuk mengatur dan menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh sepanjang hari. Setiap orang dewasa direkomendasikan tidur 7-9 jam setiap malam.

Itulah cara diet detoks yang benar. Tubuh akan mengeluarkan racun melalui urine, feses, dan juga keringat. Konsultasikan cara diet ini dengan dokter atau ahli gizi karena setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda.

(imb/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK