6 Tips Sukses Berkebun di Pot untuk Pemula

tim, CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 15:30 WIB
Ingin mulai berkebun? Simak tips sukses berkebun di pot untuk pemula. Ingin mulai berkebun? Simak tips sukses berkebun di pot untuk pemula. (iStockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi Anda yang ingin mencoba melangkah ke dunia tanaman hias, ada baiknya mencoba menanam di pot sebagai permulaan.

Menanam di pot cenderung jadi lebih mudah, praktis, dan tidak menyita banyak waktu. Terutama bagi Anda yang masih newbie di dunia tanaman hias.

Anda juga bisa mulai dengan hanya merawat satu tanaman di pot kecil untuk langkah awal. Setelah sukses, Anda bisa menambah jumlah tanaman hias Anda, baik dengan metode container gardening, atau menanamnya langsung di kebun.


Anda mungkin bakal menanam lebih banyak pot setiap tahun ketika sudah paham ilmu berkebun. Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai.

1. Pilih pot yang tepat

ilustrasi tanaman hiasIlustrasi merawat tanaman. (iStockphoto/SARINYAPINNGAM)

Tip pertama ini mungkin tak banyak dipikirkan orang ketika memilih untuk berkebun dengan pot. Padahal pot menjadi salah satu komponen terpenting agar tanaman tumbuh subur.

Pilih pot terbaik untuk tanaman Anda. Pot terbaik bukan hanya merujuk pada kualitas bahan, tapi juga drainase yang disediakan.

Banyak pot tanaman yang dijual tidak memiliki drainase yang cukup. Lubang pada bagian bawah pot terkadang terlalu kecil, atau bahkan tidak berlubang sama sekali. Akibatnya tanaman bisa jadi layu, bahkan membusuk, karena terlalu banyak air.

Beberapa tanaman memang membutuhkan tanah super lembap seperti Peace Lily dan Begonia. Jika demikian, maka pilih pot dengan lubang drainase yang kecil agar tanah tetap lembap.

2. Tempatkan tanaman sesuai kelompok

Memilih tanaman hias bisa susah-susah gampang. Ketika pergi ke toko, Anda mungkin terlalu bersemangat hingga akhirnya membeli lebih banyak tanaman dari yang seharusnya. Anda juga membeli berbagai tanaman hias dengan perawatan berbeda-beda.

Tapi tak perlu khawatir. Anda hanya tinggal menempatkannya di pot dan membuatnya berkelompok. Pada kelompok pertama tempatkan tanaman yang harus mendapat sinar matahari, dan kelembapan tanah. Kelompok kedua merupakan tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari langsung dan tak banyak disiram.

Intinya, buat kelompok tanaman sesuai perawatannya. Beberapa jenis tanaman bisa Anda tempatkan pada satu pot jika perawatannya sama.

3. Buat tag tanaman

Tag tanaman sangat penting, terutama bagi Anda yang pemula. Menuliskan tag pada tanaman akan memudahkan Anda merawatnya.

Tag akan memberitahu kebiasaan tanaman Anda, seperti apakah dia tumbuh dengan banyak cahaya, apakah perlu tanah lembap, serta seberapa banyak pemberian vitamin.

Memberi tag pada pot tanaman saat menanamnya dari biji juga akan memudahkan persiapan perawatannya.

Simak tips sukses berkebun lainnya di halaman berikut.

Tips Sukses Berkebun di Pot untuk Pemula

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK