10 Makanan yang Mengandung Protein untuk Diet

tim, CNN Indonesia | Rabu, 16/06/2021 09:05 WIB
Makanan yang kaya protein dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut 10 makanan yang mengandung protein untuk diet. Makanan yang kaya protein dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut 10 makanan yang mengandung protein untuk diet.(Foto: iStockphoto/Santje09)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan dan membangun otot. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein akan membuat seseorang kenyang lebih cepat dan tahan lama sehingga mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Selain itu, asupan tinggi protein juga mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga membakar kalori dan lemak lebih banyak. Konsumsi makanan tinggi protein ini setiap hari agar diet semakin optimal.

Berikut 10 makanan yang mengandung protein untuk diet


1. Jagung

ilustrasi rambut jagungJagung adalah makanan yang mengandung protein untuk diet. (Foto: iStockphoto/Ildar Imashev)

Jagung berukuran 100 gram mengandung sekitar 15,9 gram protein dan 96 kalori. Jenis protein pada jagung dikenal dengan sebutan zein. Protein ini baik untuk diet.

2. Ikan

Fresh fish counter - raw tuna in a row, top view. Tuna on market in Sri Lanka.Ikan merupakan makanan yang mengandung protein untuk diet. (Foto: Istockphoto/Lina Moiseienko)

Ikan merupakan salah satu makanan yang tinggi protein. Ikan berukuran 100 gram biasanya memuat 20 gram protein. Beberapa ikan yang bisa dikonsumsi selama diet dengan kandungan protein tinggi yaitu salmon, tuna, lele, bandeng hingga cakalang.

3. Kacang Polong

Ilustrasi Kacang PolongKacang polong merupakan makanan yang mengandung protein untuk diet. (Foto: Devanath/Pixabay)

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan ringan yang bisa dijadikan camilan diet yang sehat. Kacang polong diperkaya serat dan protein yang bisa membuat perut kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.

4. Almond

Kacang AlmondKacang almond adalah makanan yang mengandung protein untuk diet. (Foto: Unsplash/Juan Jose Valencia Antia)

Masih dari kerluarga kacang-kacangan, almond juga termasuk makanan yang mengandung protein untuk diet. Satu ons kacang almond memiliki 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, dan vitamin E.

5. Brokoli

Ilustrasi BrokoliBrokoli adalah sayuran yang mengandung protein untuk diet. (Foto: Meditations/Pixabay)

Brokoli adalah genus Brassica oleracea, masih satu keluarga dengan kubis, kangkung, serta kembang kol. Protein pada satu cangkir brokoli mengandung 96 gram protein dan 31 kalori. Brokoli untuk diet bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus atau ditumis.

10 Makanan yang Mengandung Protein untuk Diet

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK