Pakai Sports Bra untuk Aktivitas Seharian, Amankah?

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 14:25 WIB
Tak hanya digunakan saat berolahraga, tapi sports bra juga kadang digunakan untuk aktivitas seharian. Apakah sports bra aman digunakan untuk aktivitas harian? Ilustrasi. Tak hanya digunakan saat berolahraga, tapi sports bra juga kadang digunakan untuk aktivitas seharian. (iStockphoto/Mananya Kaewthawee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren penggunaan sports bra atau bra olahraga rasanya semakin marak beberapa waktu terakhir. Bra olahraga digunakan tidak hanya ketika berolahraga, tapi juga saat hangout di kafe, dan digunakan sehari-hari.

Tapi, apakah bra olahraga aman digunakan dalam aktivitas harian?

Bra olahraga dibuat dengan tujuan nyaman digunakan ketika berolahraga. Bra olahraga mencegah payudara 'bouncing' yang membuatnya tidak nyaman saat berolahraga.


Bahan yang digunakan biasanya agak ketat, tanpa kawat, tapi menampung seluruh bagian payudara sehingga nyaman digunakan. Karena itu, banyak perempuan memilih bra olahraga jadi pakaian dalam sehari-hari.

Sekilas memakai bra olahraga sepanjang hari tampak seperti hal yang baik. Beberapa orang beranggapan menggunakannya dapat membantu mempertahankan bentuk payudara supaya tidak kendor.

Tapi, mengenakan bra olahraga setiap hari ternyata bisa berdampak buruk.

Sports bra cenderung terlalu ketat. Bra olahraga yang ketat dan dipakai lama bisa melemahkan otot punggung, menyebabkan nyeri bahu, hingga lama-kelamaan merusak postur tubuh.

"Memakai sesuatu yang terlalu ketat atau sempit sepanjang hari adalah pilihan yang salah," ujar Jene Luciani Sena, penulis The Bra Book, seperti dikutip Real Simple.

Dokter spesialis bedah plastik John Paul Tutela mengatakan, memakai bra olahraga yang terlalu ketat juga dapat menimbulkan masalah kulit seperti iritasi bahkan jamur.

Ilustrasi BraSports bra yang dikenakan untuk aktivitas harian akan terasa tidak nyaman. (iStock/Zhenikeyev)

"Bra apa pun yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, dan jamur, jadi saya rekomendasikan ukurannya harus sesuai," kata Tutela.

Mengutip Elle, penggunaan bra olahraga sehari-hari juga tidak dianjurkan karena dapat mengganggu fungsi tulang rusuk, melemahkan otot punggung, dan membuat ligamen payudara terlalu tegang.

Tapi, jika Anda melakukan olahraga teratur, maka sports bra menjadi pilihan terbaik karena mendukung aktivitas Anda. Saat tidak dipakai berolahraga, bra sports akan membuat punggung, otot, leher, harus bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan berat badan Anda.

Bra bukanlah sekadar kosmetik untuk mempercantik penampilan. Fungsi utama bra adalah untuk menopang berat dan struktur payudara. Pilih bra yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari Anda, pas dikenakan, tidak longgar, dan tidak terlalu ketat agar postur tubuh tetap baik.

(mel/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK