Cara Seduh Kopi Rumahan Seenak di Kafe dengan French Press

tim, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 06:37 WIB
Dibanding di rumah, menyesap kopi di kedai atau kafe memang lebih nikmat. Tapi Anda juga membut kopi yang nikmat seenak di kafe. Dibanding di rumah, menyesap kopi di kedai atau kafe memang lebih nikmat. Tapi Anda juga membut kopi yang nikmat seenak di kafe. (iStockphoto/microgen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dibanding di rumah, menyesap kopi di kedai atau kafe memang lebih nikmat.

Suasana berbeda, demikian pula dengan sajian kopinya. Manual brew alias seduh manual memang membuat kopi makin istimewa. Perlu keahlian dan ketekunan untuk menguasai ragam teknik seduh manual sehingga orang memilih untuk langsung minum saja di kedai.

Akan tetapi, kopi senikmat kafe bisa saja Anda nikmati di rumah cukup bermodal French press. Bentuknya berupa ketel mini dengan tuas pendorong di bagian atas. Tuas inilah yang digunakan untuk menekan filter sehingga memisahkan ampas kopi dari air panas.


Melansir dari Good Housekeeping, French press mengekstrak lebih banyak minyak dan endapan kopi daripada metode seduh lain sehingga berkontribusi pada rasa kuat dan 'creamy' di mulut.

Apa saja yang diperlukan untuk menyeduh kopi dengan French press?

* Air putih (filtered water) yang bebas polutan, bau dan rasa agar kopi tidak 'tercemar'.

* Biji kopi, jenis biji kopi tergantung preferensi Anda. Untuk alat ini akan lebih cocok biji kopi dengan karakter (notes) cokelat, kayu-kayuan, kacang,earthy,rempah dan karamel. Kebanyakan ahli seduh manual khususnya French press cenderung memilih biji kopi yang dipanggang medium dan gelap (dark).

* Gilingan kopi (coffee grinder), demi kesegaran rasa kopi sebaiknya giling sendiri biji kopi Anda. Tidak harus berupa mesin otomatis, gilingan kopi manual berukuran mini pun bisa digunakan.

* Ketel, digunakan untuk memanaskan air. Ketel ini pula yang akan membantu Anda menuang air ke French press tanpa takut tumpah.

* Timbangan dan termometer, Anda perlu mengukur volume air dan biji kopi agar rasionya pas. Termometer akan membantu Anda menemukan suhu untuk proses penyeduhan.

Bagaimana cara menyeduh kopi dengan French press?

1. Siapkan air dan biji kopi. Biasanya barista di kedai kopi yang Anda kunjungi menggunakan rasio untuk menemukan racikan kopi yang pas. Anda bisa menggunakan rasio 1:15 atau 1 gram kopi berbanding 15 mililiter air. Namun untuk rasa kopi lebih kuat dan pekat rasio bisa diturunkan hingga 1:10 atau 1:12.

2. Panaskan air. Suhu paling baik untuk menyeduh kopi antara 90-95 derajat Celcius. Namun jika Anda tidak memiliki termometer, sebaiknya diamkan air mendidih selama sekitar 5 menit hingga suhu cukup.

2. Giling biji kopi tetapi tidak sampai halus seperti kopi bubuk sachet.

3. Buka French press lalu tuang kopi bubuk disusul air panas lalu tutup. Melansir dari Insider, rendam kopi selama sekitar 4-5 menit atau kurang. Jika Anda merendam lebih lama, seduhan kopi akan semakin pahit.

4. Perlahan dorong tuas French press hingga ampas kopi tersaring. Siapkan cangkir dan sajikan kopi.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK