Cara Diet Telur: Tips Memasak dan Saran Penyajian

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 05:30 WIB
Diet telur adalah cara mengatur pola makan dengan mengonsumsi telur sebagai sumber protein utama. Berikut tips mengolah telur dan saran menyajikannya. Diet telur adalah cara mengatur pola makan dengan mengonsumsi telur sebagai sumber protein utama. Berikut tips mengolah telur dan saran menyajikannya. (Foto: Istockphoto/ Amarita)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet telur adalah salah satu cara mengatur pola makan dengan rutin mengonsumsi telur sebagai sumber protein utama.

Secara komposisi, dua bagian pada telur yakni putih dan kuning memiliki kandungan berbeda. Merujuk NHS, putih telur kaya akan protein sementara kuning telur kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin D, A, B2, dan B12.

Selain kaya vitamin dan mineral, diet telur juga tergolong lebih murah dibanding jenis diet lainnya.


Meski sehat, namun secara jangka panjang diet telur dinilai kurang baik bagi kesehatan. Hanya mengonsumsi telur membuat keseimbangan nutrisi tubuh tidak terpenuhi.

Telur yang rendah serat dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain itu, terdapat anggapan bahwa kuning telur berpotensi meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Ilustrasi TelurHanya mengonsumsi telur membuat kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi. (Foto: condesign/Pixabay)

Para ahli menyarankan untuk menjalankan diet telur bersamaan dengan makanan sehat lainnya atau diet telur yang fleksibel. Anda bisa menggabungkan dengan makanan sumber protein lainnya seperti daging dan sayur.

Sebuah studi mengungkap tidak ada batasan rekomendasi berapa banyak telur yang harus dikonsumsi. Namun mengonsumsi telur disarankan cukup 2 sampai 3 butir sehari.

Agar diet telur lebih sehat gabungkan dengan asupan makanan sehat lain seperti ayam, ikan, dan sayuran hijau. Tujuannya agar tubuh tetap mendapat asupan gizi seimbang.

Cara menyantap telur beragam akan tetapi hindari mengolah dengan cara menggoreng lantaran menyumbang lemak dan kalori yang tinggi.


Saran Menyajikan Diet Telur

ilustrasi telur orak arik sayuranSaran penyajian telur untuk diet yang menyehatkan. (Ilustrasi telur orak arik sayur. Foto: iStockphoto)

Banyak anggapan cara menyajikan makanan dapat memengaruhi nilai gizi makanan tersebut. Menggoreng dengan minyak tentu bukanlah sahabat baik untuk mengonsumsi telur saat menjalani program diet telur.

Berikut saran penyajian telur untuk diet.

  • Rebus

Telur yang direbus dimasak dengan merendam telur beserta cangkangnya. Tingkat kematangan yang disukai setiap orang berbeda.

Untuk mendapatkan tekstur putih telur matang dengan kuning telur setengah matang Anda cukup merebusnya selama 6 menit.

Telur dimasukkan setelah air dalam panci benar-benar mendidih, pasang penghitung waktu untuk mendapatkan hitungan waktu yang tepat. Setelahnya angkat dan masukan telur ke dalam mangkuk yang diisi air dan es batu.

Tujuannya untuk mendinginkan cangkang telur dan memudahkan saat mengupas cangkangnya. Jika ingin mendapatkan kuning telur yang lebih matang rebus selama kurang lebih 7 sampai 8 menit.

  • Dadar atau Omelet

Omelet salah satu cara diet telur yang benar. Umumnya memasak omelet biasanya menggunakan minyak atau mentega, namun hindari atau setidaknya kurangi bahan tersebut.

Anda bisa menggunakan teflon antilengket sehingga mampu memasak telur tanpa menggunakan minyak.

Agar menambah nilai gizi menu diet telur, bisa menambahkan sayuran hijau seperti daun bayam, tomat, kembang kol, wortel, jamur atau sayuran lainnya sebagai tambahan topping.

Tingkat kematangan yang disukai setiap orang pun berbeda. Jika menyukai omelet dengan tekstur telur lembut tambahkan sedikit susu low fat saat mengocok telur.

Kemudian tambahan garam dan lada secukupnya. Jika tidak menyukai rasa asin sebaiknya tidak perlu menambahkan garam, melainkan dari keju yang bisa menambah rasa gurih dan asin.



Tips Memasak hingga Cara Diet Telur yang Baik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK