Cara Diet Telur: Tips Memasak dan Saran Penyajian

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 18 Jun 2021 05:30 WIB
Diet telur adalah cara mengatur pola makan dengan mengonsumsi telur sebagai sumber protein utama. Berikut tips mengolah telur dan saran menyajikannya. Tips memasak telur yang sehat (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Tips Memasak Telur yang Sehat

Ilustrasi telur mata sapiTips memasak telur yang sehat (Foto: Foodies Feed)

Agar tidak menghilangkan kandungan nutrisi pada telur dan mendapatkan gizi seimbang, ikuti tips memasak telur yang sehat.

  1. Pilih cara memasak rendah kalori. Metode ini tidak menambahkan ekstra kalori pada telur.
  2. Menggabungkan telur dengan sayuran hijau. Dengan menambahkan sayuran hijau, Anda telah menambahkan serat dan vitamin ekstra untuk tubuh.
  3. Jika harus menyajikan dengan menggoreng, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau bunga matahari ketimbang minyak goreng pada umumnya. Kemudian jangan masak dengan suhu panas yang tinggi karena minyak dapat mudah teroksidasi dan membentuk radikal bebas berbahaya, merujuk Healthline.
  4. Jika memungkinkan, pilih telur omega 3 atau telur organik. Anda tentu bebas menggunakan telur ayam atau bebek untuk dikonsumsi, sesuaikan saja dengan anggaran yang dimiliki.
  5. Jangan masak terlalu lama agar kandungan gizi dan nutrisi dalam telur tidak hilang.


Cara Diet Telur yang Baik

Ilustrasi Sarapan SehatCara diet telur (Ilustrasi Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Ada banyak cara untuk berdiet telur, melansir laman Very Well Fit terdapat cara yang bisa Anda coba untuk menjalankannya.


1. Diet Telur 14 Hari

Dalam waktu 14 hari Anda harus mengonsumsi telur rebus sehari tiga kali untuk satu kali makan. Selama itu pula Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi camilan dan minuman manis.

Makanan yang dapat menemani telur adalah ayam dan ikan, yang kaya akan kandungan protein.

2. Diet Telur Medis

Diet jenis ini mengizinkan pelaku diet mengonsumsi roti, sayur, dan buah selain telur. Pelaku diet juga diharuskan minum air putih. Minuman lain yang diperbolehkan adalah kopi hitam tanpa gula.

3. Diet Telur dan Jeruk Bali

Pada diet ini Anda menggunakan jumlah waktu yang sama dengan diet 14 hari. Pelaku diet mengonsumsi telur sebanyak 3 butir dalam satu hari setiap kali makan diselingi oleh buah jeruk bali. Hanya diperbolehkan makan buah ini saja, tidak dengan buah lain.

Meski demikian, melakukan cara diet telur yang benar dan aman juga harus diselingi dengan makan makanan bernutrisi seimbang serta berolahraga.

Pembakaran lemak tidak akan berjalan baik tanpa ada aktivitas gerak tubuh. Pilih dan terapkan jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER