6 Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 10:10 WIB
Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang memiliki warna pekat dan rasa pahit. Berikut manfaat madu hitam pahit. Ilustrasi. Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang memiliki warna pekat dan rasa pahit. Berikut manfaat madu hitam pahit. (iStockphoto/DONGSEON_KIM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang memiliki warna pekat dan rasa pahit. Kendati demikian, madu jenis ini tidak kalah berkhasiat dibanding madu biasa. Berikut manfaat madu hitam pahit.

Jenis madu hitam biasanya dihasilkan oleh lebah hutan jenis Apis Dorsata yang menghisap nektar dari pohon mahoni sehingga warnanya cenderung lebih hitam dan pekat.

Berikut ragam manfaat madu hitam pahit, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Menjaga sistem imun tubuh

Rasa pahit yang keluar dari madu hitam berasal dari senyawa alkaloid yang biasa terdapat pada pohon mahoni. Kandungan senyawa alkaloid inilah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan termasuk membangun imun tubuh yang baik.

Selain alkaloid, madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang baik untuk kesehatan, seperti saponin dan flavonoid.

"Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoid yang berperan sebagai anti-oksidan. Kandungan flavonoid pada madu hitam lebih tinggi daripada madu biasa," tulis keterangan di situs resmi Universitas Airlangga (Unair).

2. Cocok untuk penderita diabetes

Sebagaimana dilansir Health Benefits, manfaat kesehatan dari madu hitam yang mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang sangat tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, penglihatan yang biasanya kabur bisa normal kembali, dan frekuensi buang air kecil di malam hari bisa sedikit berkurang.

3. Sebagai pengobatan nyeri sendi

Nyeri sendi akibat asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam. Sifat detoks (penetral racun) yang terkandung dalam madu juga dapat menetralkan zat purin, penyebab utama asam urat, yang dapat terurai dan mudah dikeluarkan oleh ginjal.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Selain menjaga sistem imun tubuh, madu hitam juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit dengan cara sering dioleskan pada luka bakar.

Untuk membuktikan efektivitas madu hitam dalam penyembuhan luka, tim peneliti Unair yang terdiri dari mahasiswa Fanny Gunawan dan dosen Willy Sandhika serta Nurul Wiqoyah melakukan penelitian mengenai manfaat pemberian madu hitam dalam mempercepat penyembuhan luka yang terinfeksi bakteri.

Percobaan dilakukan Willy dan kawan-kawan selama 5 hari dan pada hari ke-5 dilakukan pemeriksaan mikroskopis pada jaringan luka untuk mengetahui proses inflamasi dan penyembuhan yang terjadi pada luka kulit tikus putih tersebut.

"Hal ini menunjukkan bahwa pemberian madu hitam pada luka dapat mengurangi proses radang yang diakibatkan oleh infeksi kuman Staphylococcus. Madu hitam yang kaya dengan flavonoid dan senyawa phenol terbukti memiliki efek anti inflamasi," papar Willy.

Dengan pemberian madu hitam pada luka, tim peneliti ini mengatakan bahwa inflamasi menjadi turun dan proses penyembuhan luka yang terinfeksi bakteri Staphylococcus menjadi lebih cepat.

5. Bantu atasi masalah lambung

Penderita sakit maag sering mengalami nyeri dan mual saat maag terjadi. Hal ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung.

Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat dengan cepat mengurangi dan menyembuhkannya bahkan dapat membuat pencernaan tubuh menjadi normal.

6. Sebagai antibiotik

Madu hitam memiliki sifat bakteriostatik, istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya zat yang berfungsi sebagai penghambat laju aktivitas bakteri atau biasa disebut antibiotik.

Sebagai antibiotik alami, madu aman digunakan untuk mengobati penyakit infeksi ringan, seperti: sesak napas, sakit tenggorokan dan batuk.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK