Penyebab Sakit Pinggang saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 09:33 WIB
Keluhan sakit pinggang umumnya muncul di trimester pertama dan terakhir. Ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Ilustrasi. Keluhan sakit pinggang umumnya muncul di trimester pertama dan terakhir. (Pexels/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sakit pinggang menjadi keluhan yang kerap dialami ibu hamil. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Keluhan sakit pinggang umumnya muncul saat trimester pertama. Pada trimester pertama, kondisi ini biasanya dipicu cadangan kalsium yang mulai berkurang.

Kurangnya kandungan kalsium dalam tubuh membuat bayi mengambil 'jatah' kalsium dari tulang ibu hamil. Tak heran jika kondisi ini menimbulkan keluhan sakit pinggang.


Sakit pinggang juga biasanya akan kembali muncul di semester akhir. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh berat badan bayi yang cenderung meningkat saat hamil.

Penyebab Sakit Pinggang saat Hamil

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti berikut.

1. Jaringan di rahim tertarik

Sakit pinggang biasanya disebabkan karena adanya penarikan jaringan di rahim. Hal ini terbilang wajar karena jaringan tersebut akan tertarik dan menimbulkan sakit pinggang.

2. Kekurangan kalsium

Kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Asupan kalsium pada ibu hamil setara dengan 1.000-2.000 miligram per hari.

Sayang, tak sedikit ibu hamil yang hanya mengonsumsi satu jenis vitamin saat kehamilan. Padahal, ibu hamil tetap membutuhkan asupan kalsium. Ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai berapa banyak asupan kalsium yang dibutuhkan.

Namun, ibu hamil juga perlu mewaspadai beberapa tanda lain yang menyertai sakit pinggang. Misalnya saja rasa nyeri saat buang air kecil dan demam. Kondisi ini bisa menandai adanya infeksi pada saluran kandung kemih, yang bisa naik ke atas dan memicu infeksi ginjal hingga menimbulkan sakit pinggang.

Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter jika Anda mengalami gejala tersebut.

ilustrasi sakit pinggangIlustrasi. Sakit pinggang biasa terjadi pada trimester pertama dan terakhir kehamilan. (iStockphoto/Povozniuk)

Cara Meredakan Sakit Pinggang saat Hamil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengatasi sakit pinggang. Beberapa cara tersebut di antaranya:

1. Kompres area yang sakit dengan air hangat dan handuk.
2. Lakukan yoga atau stretching di rumah. Ibu hamil bisa mengikuti tutorial yoga prenatal.
3. Mandi air hangat untuk meredakan nyeri.
4. Pijat di daerah pinggang yang sakit. Hindari memijat daerah perut karena bisa menimbulkan komplikasi serius.
5. Memakai korset khusus ibu hamil untuk menopang berat bayi di trimester akhir. Hindari pemakaian korset yang terlalu kencang.
6. Minum obat pereda nyeri. Konsumsi obat saat cara-cara di atas tak ampuh meredakan nyeri.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELENGKAPNYA.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK