Gemasnya Rumah Peri di Penjuru Islandia

CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 17:50 WIB
Hati-hati saat melangkah di gunung atau hutan Islandia, karena bisa jadi ada rumah peri di balik bebatuannya. Rumah elf di Islandia. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apakah Anda termasuk orang yang percaya dengan keberadaan peri di dunia ini? Jika iya, maka Islandia wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi usai pandemi virus Corona berlalu.

Dalam novel 'The Lord of the Rings' karya J.R.R Tolkien, peri atau elf digambarkan sebagai makhluk cerdik yang memiliki telinga runcing dan senang tinggal bersembunyi. Banyak juga yang menganggap elf sebagai sosok yang suka membantu manusia saat kesusahan.

Di Islandia, elf disebut huldufólk, yang berarti orang tersembunyi. Kepercayaan terhadap elf masih kuat di sana.


Mengutip tulisan dalam situs Earthly Mission, sebuah survei tahun 1998 oleh surat kabar Dagblaðið Vísir menemukan bahwa 54,4 persen orang Islandia yang diwawancarai mengaku percaya akan eksistensi elf di dunia.

Mereka percaya kalau elf tinggal di area yang jarang dijamah manusia, seperti di gunung dan hutan.

Bebatuan diyakini menjadi tempat persembunyian elf yang sempurna.

Orang-orang Islandia yang masih percaya keberadaan elf pasti menghindari menginjak batu atau mendatangi area yang dianggap sebagai tempat tinggal elf.

Kru konstruksi yang membangun jalan raya baru sering kali menghindari menggusur bebatuan, atau mereka dengan hati-hati memindahkan bebatuan itu ke tempat lain.

Berita lainnya mengenai kepercayaan akan eksistensi elf ialah saat seorang mantan anggota parlemen Islandia bersumpah hidupnya selamat dari kecelakaan lalu lintas atas bantuan keluarga elf yang tinggal di bebatuan dekat jalanan itu.

Oleh karena itu, elf sangat lekat dalam budaya Islandia.

Rumah elf di IslandiaRumah elf yang dibangun dari tumpukan batu. (iStockphoto)

Tak hanya kapel dan gereja, bahkan ada sekolah elf di Islandia. Sang kepala sekolah, Magnús Skarphéðinsson, akan mengajari siswa untuk mengenal 13 jenis elf di Islandia.

Dia juga berbagi wawasan mengenai gnome, kurcaci, dan troll yang berkeliaran di pelosok Islandia.

Seperti yang dikutip dari TripSavvy, Skarphéðinsson mengatakan bahwa hanya 2 hingga 3 persen manusia yang dapat melihat elf.

Selama lebih dari tiga dekade, dia mengumpulkan sejarah lisan dari lebih dari 1.300 orang yang pernah bertemu dengan makhluk itu, salah satunya orang yang mengaku pernah didatangi elf yang ingin meminjam peralatan dapurnya.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

 

[Gambas:Instagram]



Gemasnya Rumah Peri di Penjuru Islandia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK