3 Minuman yang Ganggu Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 24 Jun 2021 11:30 WIB
Jangan sembarang minum di tengah pandemi ini. Beberapa jenis minuman diketahui dapat merusak sistem kekebalan tubuh, sekaligus meningkatkan risiko penyakit. Ilustrasi. Beberapa jenis minuman diketahui dapat merusak sistem kekebalan tubuh, sekaligus meningkatkan risiko penyakit. (Pixabay/DariuszSankowski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat adalah salah satu kunci tetap sehat di tengah pandemi Covid-19. Hindari beberapa minuman berikut yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh bertanggung jawab atas imunitas. Imunitas sendiri merupakan pertahanan tubuh terhadap ancaman penyakit yang datang menyerang.

Apa pun yang Anda konsumsi bisa memengaruhi daya tahan tubuh, termasuk di antaranya minuman. Ada beberapa minuman yang dapat merusak daya tahan tubuh.


Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Minuman bersoda

Sudah bukan rahasia lagi, Anda disarankan untuk membatasi asupan minuman bersoda.

Mengutip Hyperbiotics, minuman jenis ini kaya akan bahan-bahan buatan. Bahan-bahan sintetis ini tak dapat menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan seperti pemanis buatan dapat mengurangi kemampuan bakteri baik pada usus, tempat sistem kekebalan tubuh diproduksi.

2. Minuman kemasan

Di zaman kiwari, mendapatkan minuman kemasan berperasa begitu mudah. Hadir di banyak pasaran, namun minuman ini jelas tak baik untuk kesehatan.

Banyak dari minuman kemasan mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Asupan gula yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi sistem imun.

Mengutip Web MD, sebuah penelitian menunjukkan, makan atau minum delapan sendok makan gula (setara dengan satu minuman bersoda) dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman.

Pembeli memilih minuman kemasan botol plastik di salah satu mini market di Jakarta, Rabu (13/4). Pemerintah berencana akan menarik cukai atas minuman yang dikemas dengan botol plastik dikarenakan kebijakan plastik berbayar yang diluncurkan sejak 21 Februari 2016 lalu dinilai kurang efektif. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww/16.Ilustrasi. Sebagian besar minuman kemasan mengandung tinggi gula yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol ditemukan dapat mengganggu daya tahan tubuh. Mengutip Healthline, alkohol dapat mempersulit sistem kekebalan tubuh untuk bersiap dan melindungi tubuh dari patogen.

Di paru-paru, alkohol bahkan bisa merusak sel kekebalan tubuh yang memiliki tugas penting untuk membersihkan jalur napas dari serangan patogen. Sementara di usus, alkohol dapat memicu peradangan dan menghancurkan bakteri baik yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Hindari asupan minuman yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh di atas agar terlindungi dari ancaman infeksi.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER