5 Cara Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 17/07/2021 10:31 WIB
Membuat daging empuk bisa dilakukan dengan mudah. Berikut sejumlah cara mengolah daging agar cepat empuk. Membuat daging empuk bisa dilakukan dengan mudah. Berikut sejumlah cara mengolah daging agar cepat empuk. (Foto: Istockphoto/Vladimir Mironov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Proses memasak yang tidak tepat dapat membuat daging keras dan alot sehingga sulit dikunyah. Terdapat sejumlah cara mengolah daging agar cepat empuk.

Cara membuat daging empuk ini bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Tak perlu merebus daging sapi atau kambing dalam waktu yang lama sehingga menghabiskan gas, atau menggunakan presto yang mahal.

Berikut cara mengolah daging agar empuk.


1. Memukul daging

Young woman beating a steak in the kitchenSalah satu cara mengolah daging agar empuk adalah dengan memukul-mukul daging.(Foto: iStockphoto/ivanmateev)


Sebelum memasak daging, pukul-pukul daging dengan kekuatan sedang. Anda bisa menggunakan palu daging atau sendok kayu. Pukul daging dengan merata ke seluruh permukaan daging di kedua sisi.

Memukul daging akan menghancurkan zat yang membuat daging keras dan alot sehingga daging akan empuk dan lembut saat di makan.

2. Menggores permukaan daging

Sayat permukaan daging tipis-tipis dengan pola garis melintang dengan menggunakan pisau. Anda juga bisa menusuk daging dengan garpu di beberapa bagian dengan merata.

Cara ini dapat membuat bumbu meresap dan proses memasak bisa sampai ke dalam daging. Hasilnya, daging akan lembut dan empuk.

3. Marinasi daging

Cooking ingredients: marinated meat,oil,vinegar, herbs and vegetables. Chef is carving and marinating meat.Salah satu cara membuat daging empuk adalah memarinasi daging. (Foto: iStockphoto/mythja)

Cara mengolah daging agar cepat empuk adalah dengan memarinasi daging. Marinasi merupakan proses membui daging yang dapat dilakukan dengan garam, lemon, atau cuka. Diamkan daging selama 30 menit sebelum dimasak.

Selain memperkuat rasa, marinasi dapat menghancurkan zat yang membuat daging menjadi keras. Daging pun akan terasa lembut dan mudah dikunyah.

4. Memasak dengan api kecil

Ilustrasi komporCara mengolah daging agar empuk adalah dengan memasak menggunakan api berukuran kecil hingga sedang. (Foto: morgueFile/mconnors)


Agar daging empuk, masak daging menggunakan api dengan ukuran kecil hingga sedang. Cara ini dapat membuat daging melepas serat otot yang keras.

Anda juga bisa menambahkan campuran rempah seperti jahe, serai, dan kemangi untuk menghilangkan bau amis daging.

5. Memotong berlawanan dengan serat daging

Japanese man slicing meatCara mengolah daging agar empuk adalah dengan memotong berlawanan dengan serat daging.(Foto: iStockphoto/kazuma seki)

Kunci agar daging empuk juga terletak saat memotong daging. Perhatikan serat pada daging.

Serat pada daging terlihat memanjang, Anda harus memotongnya berlawanan dengan arah serat daging tersebut. Tujuannya agar serat daging menjadi lebih pendek dan lebih cepat empuk saat dimasak dan lembut saat dikunyah.

Itulah cara mengolah daging agar cepat empuk yang bisa Anda coba di rumah.

(imb/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK