4 Minuman untuk Cegah Penyakit Selain Susu Beruang

tim | CNN Indonesia
Selasa, 06 Jul 2021 18:10 WIB
Ada beberapa minuman yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan serta membantu mencegah penyakit, selain susu beruang. Apa saja? Ada beberapa minuman yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan serta membantu mencegah penyakit, selain susu beruang. Apa saja? (tookapic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak minuman yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan serta membantu mencegah penyakit, selain susu beruang.

Sebagaimana diketahui, susu beruang mendadak langka di pasaran karena diburu banyak orang. Susu cair dalam kemasan kaleng bergambar beruang ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Padahal, manfaat susu beruang sama saja dengan susu cair kemasan lainnya. Susu beruang juga bukan obat mujarab yang bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Selain itu, beberapa jenis minuman juga terbukti baik untuk kesehatan sekaligus mencegah beberapa jenis penyakit. Berikut beberapa di antaranya.

1. Air putih

Anda bisa minum susu, tapi jangan melewatkan konsumsi dua liter air putih sehari. Sebab air putih berperan penting dalam menjaga kesehatan. Air putih juga membantu Anda terhindar dari beberapa penyakit.

Menurut WebMD, air putih penting untuk tubuh. Manfaat air putih untuk kesehatan bisa mencegah dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal. Air putih juga tidak mengandung kalori sehingga tidak akan menambah lingkar pinggang dan berat badan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, air putih juga bisa meredakan stres. Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan, konsumsi air putih tidak hanya membawa mineral yang dibutuhkan tubuh, melainkan juga oksigen yang membantu jantung berdetak lebih lambat hingga merasa rileks.

"Secara klinis, minum juga membuat kita lebih happy karena air minum menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh, organ tubuh akan membentuk hormon yang positif sehingga dapat meningkatkan mood," ujarnya dalam webinar beberapa waktu silam.

2. Kopi filter

Kopi memang punya reputasi buruk di kalangan penderita asam lambung. Tapi sejatinya kopi bisa jadi minuman sehat pencegah penyakit jika dikonsumsi dengan benar.

Kopi filter murni tanpa tambahan gula, susu, krimer, atau tambahan pemanis lainnya bisa melindungi Anda dari diabetes tipe 2, penyakit hati, menurunkan risiko penyakit jantung, bahkan membantu mencegah demensia dan alzheimer.

Sebuah studi yang dipublikasi di National Library of Medicine menyebut kopi kaya akan kandungan antioksidan. Sehingga konsumsi kopi teratur bisa mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Namun konsumsi kopi juga tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan tidur. Minum 1-2 cangkir kopi sehari termasuk batas aman. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter guna mendapat informasi takaran kopi yang sesuai

Simak beberapa minuman lainnya yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan serta membantu mencegah penyakit di halaman berikut.

Minuman untuk Cegah Penyakit Selain Susu Beruang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER