7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan

tim, CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 15:19 WIB
Tak hanya dengan metode diet tertentu, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan secara alami. Berikut tujuh cara menurunkan berat badan secara alami. Tak hanya dengan metode diet tertentu, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan secara alami. Berikut tujuh cara menurunkan berat badan secara alami. (iStockphoto/amenic181)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terdapat sejumlah cara untuk menurunkan berat badan. Tak hanya dengan menjalani metode diet tertentu, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan secara alami.

Ada beberapa strategi, yang telah terbukti secara saintifik, dapat membantu menurunkan berat badan. Strategi ini termasuk berolahraga, melacak asupan kalori, puasa intermiten, dan mengurangi jumlah karbohidrat dalam makanan.

Berikut tujuh cara diet menurunkan berat badan secara alami.


1. Puasa Intermiten

Puasa intermiten adalah puasa jangka pendek, di mana seseorang hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan dalam durasi yang lebih singkat di siang hari.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, beberapa penelitian menemukan orang yang melakukan puasa intermiten selama 24 minggu mengalami penurunan berat badan.

Cara yang paling umum dilakukan adalah metode 16/8, di mana Anda diharuskan berpuasa selama 16 jam dan makan selama 8 jam. Kebanyakan orang menetapkan waktu 8 jam pada siang hingga malam hari jelang tidur.

Studi menemukan, metode 16/8 dapat mengurangi asupan kalori sekaligus membantu menurunkan berat badan.

2. Makan perlahan dan penuh kesadaran

Mindfulness eating merupakan cara makan di mana seseorang sadar akan apa yang dilakukannya. Praktik ini memungkinkan seseorang untuk menikmati makanan dan memelihara berat badan yang sehat.

Di zaman kiwari, banyak orang menyantap makanan sambil melakukan hal-hal lain seperti bekerja, menonton televisi, dan masih banyak lagi. Akibatnya, banyak orang tak menyadari apa yang dimakan.

Maka, cobalah untuk makan dengan fokus tanpa gangguan seperti menonton film atau memegang ponsel.

Makan perlahan dan luangkan waktu untuk mengunyah serta menikmati makanan. Teknik ini ditemukan membantu menurunkan berat badan, karena memberi otak cukup waktu untuk mengenali sinyal kenyang yang bisa mencegah makan berlebih.

3. Kelola Stres

Stres memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol yang mulanya memang menurunkan nafsu makan. Namun, ketika orang berada di bawah tekanan konstan, kortisol dapat tetap berada di aliran darah lebih lama yang justru bisa meningkatkan nafsu nakan.

Menerapkan program manajemen stres selama 8 minggu bisa menghasilkan penurunan yang signifikan dalam indeks masa tubuh. Anda bisa mulai melakukan yoga, meditasi, teknik pernapasan, relaksasi hingga berkebun.

4. Makan protein untuk sarapan

Sarapan dengan makanan berprotein tinggi bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Pilihan sarapan berprotein tinggi termasuk telur, gandum, mentega, sarden hingga puding.

5. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Hindari minuman dan makanan yang mengandung banyak gula. Selain itu hindari juga karbohidrat olahan berat.

Kelebihan glukosa yang masuk ke darah bisa memicu hormon insulin yang meningkatkan penyimpanan lemak di jaringan adiposa dan berkontribusi pada penambahan berat badan.

6. Tambah asupan serat

Menambah banyak serat pada makanan bisa meningkatkan rasa kenyang dan berpotensi menurunkan berat badan. Anda bisa mulai mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah, kacang-kacangan, oatmeal, gandum, serta biji-bijian.



7. Tidur nyenyak

Tidur kurang dari 5-6 jam per malam bisa meningkatkan berat badan. Ada beberapa alasan di balik ini, kurang tidur atau berkualitas buruk memperlambat proses di mana tubuh mengubah kalori menjadi energi yang disebut metabolisme.

Kurang tidur juga bisa meningkatkan produksi insulin dan kortisol yang mendorong penyimpanan lemak.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK