7 Pilihan Olahraga untuk Diet bagi Remaja

Tim, CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 06:20 WIB
Ada banyak jenis olahraga untuk diet remaja dengan kategori aman dan tidak terlalu berat namun efektif membakar kalori. Ada banyak jenis olahraga untuk diet remaja dengan kategori aman dan tidak terlalu berat namun efektif membakar kalori. (Foto: istockphoto/SolStock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tubuh umumnya mengalami perubahan saat memasuki fase remaja. Salah satunya berkaitan pada pertambahan berat badan.

Bagi remaja yang sangat memperhatikan perkembangan fisik, kenaikan berat badan dapat mengganggu penampilan dan menjadikan kurang percaya diri.

Selain menerapkan pola makan sehat, remaja sangat perlu berolahraga sebagai penyeimbangnya agar badan tetap aktif. Terlebih manfaatnya bisa membuat badan bugar serta memaksimalkan kerja metabolisme tubuh.


Ada banyak jenis olahraga untuk diet remaja dengan kategori aman, tidak terlalu berat, dan tentunya menyenangkan. Berikut pilihannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersepeda

A couple is biking uphill on a scenic forest road with an overview of Lake Millstatt, Carinthia, southern Austria. The region is a very attractive holiday area and is famous for hiking, mountainbiking and swimming during summertime. In wintertime there lots of skiing areas as well.Bersepeda termasuk olahraga untuk diet remaja yang menyenangkan dan dapat membakar kalori (Foto: iStockphoto/Saro17)

Bersepeda memang cocok untuk berbagai kalangan usia termasuk remaja usia 13-18 tahun. Aktivitas bersepeda tak hanya menyenangkan tapi dapat membantu melunturkan lemak tubuh secara menyeluruh, mengutip Healthline.

Selain itu, manfaat bersepeda bisa menjaga kesehatan jantung serta mengencangkan beberapa bagian tubuh seperti betis dan paha.


2. Berenang

Olahraga air seperti berenang bermanfaat dalam membentuk badan menjadi lebih tinggi khususnya pada remaja yang pertumbuhannya sedang aktif.

Berenang sangat efektif membakar kalori, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot serta menumbuhkan rasa percaya diri.


3. Yoga

Young sporty female practicing yoga, doing Bird dog exercise, Donkey kick pose, working out wearing sportswear grey pants and top, indoor full length, yoga studio. Active lifestyle, wellbeing conceptYoga termasuk olahraga untuk diet remaja yang membantu melatih keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan napas (Foto: iStockphoto/fizkes)

Yoga merupakan latihan mengolah tubuh sekaligus menyatukan keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan napas, merujuk Kids Health.

Tidak hanya dewasa, remaja juga dapat latihan yoga secara rutin karena manfaatnya banyak. Beberapa di antaranya mengurangi stres, serta meningkatkan fleksibilitas dan stamina.


4. Menari

Olahraga untuk diet remaja bisa dengan menari. Gerakan menari umumnya menyenangkan karena diiringi musik, sehingga mampu menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Manfaat lain yang diperoleh dari menari tidak hanya membakar kalori, melainkan dapat melatih koordinasi dan fleksibilitas, mengontrol emosi, serta menstimulasi kemampuan memori.


5. Aerobik

Back view of senior woman following an online stretching class looking at TV screen - Technology concepts. **IMAGE ON SCREEN BELONGS TO US**Aerobik termasuk olahraga untuk diet remaja karena dapat meningkatkan stamina dan membakar lemak (Foto: istockphoto/Hispanolistic)

Sama seperti menari, gerakan pada aerobik umumnya berfokus membakar lemak tubuh secara menyeluruh. Anda cukup lakukan selama 30-60 menit per hari.

Para remaja yang sedang diet dapat mengikuti kelas aerobik karena manfaatnya cukup banyak. Terutama untuk stamina, kesehatan jantung, serta kemampuan kognitif.


6. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan seperti sit back, chair squats, butterfly breath cukup efektif dalam membangun kekuatan otot remaja.

Selain otot, kelenturan tubuh remaja dapat dilatih dengan olahraga seperti bela diri karate, balet, atau gimnastik.


7. Bulu tangkis

Ilustrasi raket dan kok bulu tangkisBulu tangkis termasuk olahraga untuk diet remaja yang efektif membakar kalori serta menguatkan otot dan tulang (Foto: annca/Pixabay)

Olahraga bulu tangkis sangat baik bagi remaja karena bisa membantu menguatkan tulang dan otot. Gerakannya yang memaksa tubuh untuk bergerak sangat efektif membakar kalori tubuh menyeluruh.

Manfaat lain mengikuti dari bulu tangkis dapat meningkatkan mood, menguatkan jantung dan paru-paru, serta melatih ketangkasan dan fleksibilitas tubuh khususnya pada remaja.

Menjalani olahraga untuk diet remaja secara rutin memang berguna dalam memaksimalkan proses penurunan berat badan, memperbaiki mood, sampai mengurangi gejala depresi.

Tapi perlu diingat, bahwa peran orang tua juga penting untuk mengawasi pola diet yang dijalani remaja. Pastikan mereka melakukan diet sehat seimbang supaya tidak mengalami malnutrisi.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK