5 Bahan Tak Terduga untuk Buat Kopi Jadi Lebih Sehat

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 13:24 WIB
Alih-alih gula atau krimer, Anda bisa menambahkan lima bahan tak terduga ini ke dalam secangkir kopi agar lebih menyehatkan. Ilustrasi. Selain krimer dan gula, ada beberapa bahan lain yang bisa menambah citarasa kopi agar lebih sehat. (IT-STUDIO/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kopi adalah minuman populer. Tapi, rasanya yang pahit kadang membuat orang ingin menambahkan sesuatu yang manis.

Alih-alih gula atau krimer, Anda bisa menambahkan lima bahan tak terduga ini ke dalam secangkir kopi agar lebih menyehatkan. Campuran pemanis meningkatkan kalori pada kopi yang sebenarnya rendah kalori.

Kopi yang kaya dengan pemanis buatan berisiko tinggi meningkatkan berat badan. Konsumsi glukosa berlebih meningkatkan risiko penyakit obesitas dan diabetes.


Padahal, beberapa orang minum kopi untuk tujuan kesehatan. Kopi memang mengandung antioksidan yang baik untuk pembentukan sel tubuh. Selain itu, minum kopi secara psikologis dapat meningkatkan suasana hati dan relaksasi.

Agar secangkir kopi tetap menyehatkan tapi juga tak pahit di lidah, berikut beberapa bahan yang bisa Anda campurkan pada secangkir kopi.

1. Kayu manis

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa rempah satu ini bisa dipadankan dengan kopi. Tapi jangan salah, kayu manis adalah rempah lezat yang sangat cocok dengan cita rasa kopi yang pahit.

Mengutip Healthline, kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, menurunkan kolesterol, dan enzim trigliserida pada penderita diabetes.

Jika Anda membutuhkan sedikit rasa pada kopi, maka menambahkan sejumput kayu manis akan sangat baik daripada menambahkan gula, krimer, atau susu kental manis.

2.Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki serat, cocok untuk campuran kopi Anda.

Anda bisa menambahkan sedikit cokelat hitam batangan pada secangkir kopi panas dan membiarkannya meleleh.

Ilustrasi Dark ChocolateIlustrasi. Cokelat hitam bisa menambah citarasa pada kopi. (AlexanderStein/Pixabay)

3. Bubuk kakao

Buah kakao kaya akan antioksidan dan disebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Saat ini, kakao bisa dengan mudah ditemukan dalam bentuk bubuk. Kakao bubuk ini bisa Anda tambahkan ke dalam kopi untuk menambah cita rasa.

4. Susu almond

Mengutip Insider, susu almond merupakan pilihan yang lebih baik daripada krimer atau susu lainnya. Asalkan Anda tidak alergi pada kacang, maka susu almond bisa jadi pilihan campuran kopi.

Rasa susu almond yang gurih dengan sedikit rasa manis akan membuat kopi lebih kaya rasa.

5. Mentega

Siapa sangka bahan dapur satu ini juga akan cocok dengan kopi? Mencelupkan mentega pada kopi hitam akan menambah cita rasa kopi.

Pastikan tidak terlalu banyak menggunakan mentega pada kopi, cukup gunakan setengah sendok teh mentega pada secangkir kopi Anda.

[Gambas:Video CNN]



(mel/asr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK