Berlian Biru dari Afrika 39,34 Karat Terjual Rp582 Miliar

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 15:31 WIB
Sebongkah batu berlian biru sebesar 39,34 karat terjual dengan harga US$40,18 juta AS, atau senilai Rp582 miliar Sebongkah batu berlian biru sebesar 39,34 karat terjual dengan harga US$40,18 juta AS, atau senilai Rp582 miliar (De Beers Group dan Diacore)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebongkah batu berlian biru sebesar 39,34 karat terjual dengan harga US$40,18 juta AS, atau senilai Rp582 miliar. Berlian biru tersebut berasal dari tambang berlian Cullinan di Afrika Selatan.

Tambang Berilian Cullinan sendiri terkenal memiliki koleksi berlian yang bersejarah, unik, dan istimewa. Mereka telah memproduksi sejumlah berlian paling terkemuka di dunia, termasuk intan (berlian yang belum diasah) terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah.

Berlian biru tersebut dibeli oleh perusahaan berlian Diacore dan De Beers Group. Dua perusahaan berlian ini akan mendesain berlian biru tersebut.


"Sebuah keistimewaan bagi kami untuk bisa berkarya dengan keajaiban alam ini. Kami juga sungguh bahagia karena memiliki kesempatan untuk melihat Cullinan yang legendaris meluncurkan satu lagi batu permata yang menakjubkan," kata Executive Vice President of Diamond Trading De Beers Group, Paul Rowley, melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (22/7).

Berlian biru merupakan berlian dengan warna biru alami yang terbentuk selama ratusan tahun di permukaan bumi. Perajin berlian tidak menambahkan warna biru buatan karena warna biru pada berlian sudah terbentuk secara natural.

Menurut The Diamond Pro, berlian biru cukup langka karena hanya ditemukan di beberapa tambang dunia. Beberapa tambang berlian yang memiliki berlian biru seperti tambang Cullinan di Afrika Selatan, Tambang Argyle di Australia, dan tambang Golconda di India.

Berat karat dan intensitas warna biru akan menentukan berapa harga berlian tersebut. Berlian biru sendiri dinilai dari skala warna, meliputi Faint Blue, Very Light Blue, Light Blue, Fancy Light Blue, Fancy Intense Blue, Fancy Deep Blue, dan Fancy Vivid Blue. Semakin intens warna berlian biru, semakin mahal harganya.

Biasanya harga berlian biru lebih mahal daripada berlian putih karena faktor kelangkaan dan warnanya nan intens.

Karena berlian biru sangat langka dan memiliki warna dengan intensitas berbeda-beda, agak sulit menentukan harga berlian biru per karat.

(mel/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK