Meditasi Pernapasan: Cara Melakukan dan Manfaatnya bagi Tubuh

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 10:20 WIB
Kenali lebih lanjut mengenai meditasi pernapasan, cara melakukannya, dan manfaatnya bagi tubuh. Kenali lebih lanjut mengenai meditasi pernapasan, cara melakukannya, dan manfaatnya bagi tubuh.(Foto: iStockphoto/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meditasi merupakan salah satu cara untuk meredam stres dan mengurangi kecemasan. Di masa pandemi Covid-19 yang penuh tekanan dan kabar buruk ini, Anda bisa melakukan meditasi untuk membuat tubuh lebih tenang.

Meditasi sering kali identik dengan duduk diam dan punggung lurus sambil mendengar musik yang menenangkan. Padahal, meditasi tak hanya sebatas itu saja. Terdapat beraga jenis dan teknik meditasi yang bisa dilakukan, salah satunya meditasi pernapasan.

Psikolog dan konselor dari aplikasi konseling Riliv, Prita Yulia Maharani mengatakan meditasi pernapasan merupakan teknik meditasi yang membantu mengatur pernapasan menjadi lebih baik sehingga memberikan banyak manfaat untuk tubuh.


"Meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan," kata Prita lewat rilis resmi Riliv yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (21/7).

Mengatur pernapasan juga dapat membantu melepaskan beban berat yang dirasakan.

"Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran, sehingga setelah melakukan meditasi Anda bisa merasa lebih tenang," kata Prita.

Cara melakukan meditasi pernapasan sangatlah mudah, Anda cukup mengambil posisi duduk yang nyaman, tidak bersandar dan punggung lurus.

Tangan bisa diletakkan di paha dan tutup mata. Selama 3-5 menit, luangkan waktu untuk menarik napas, tahan dan hembuskan. Fokus pada aliran udara yang masuk dan keluar. Anda bisa memberikan hitungan saat menarik, menahan dan menghembuskan napas.

Simak manfaat meditasi pernapasan bagi tubuh di halaman berikut.

Meditasi Pernapasan: Cara Melakukan dan Manfaatnya bagi Tubuh

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK