REKOMENDASI KULINER

'Bye-Bye' Cronut, Hello Croffle!

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 19:04 WIB
Berikut beberapa rekomendasi croffle enak buat Anda yang pastinya bisa dipesan antar atau lewat ojek online. Berikut beberapa rekomendasi croffel enak buat Anda yang pastinya bisa dipesan antar atau lewat ojek online.(iStockphoto/Swanya Charoonwatana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ucapkan selamat tinggal pada croissant klasik dan cronut. Karena kini masanya croffle.

Croffel sendiri sebenarnya bukan jenis makanan baru. Croffle merupakan kawin silang antara dua makanan.

"Croffel itu adalah penggabungan antara 2 makanan yaitu croissant dan waffle," ungkap Tony Setyawan, ahli pastry dan Research and Development Technical Pastry kepada CNNIndonesia.com.


"Namun beberapa waktu lalu, makanan ini jadi tren di Korea Selatan, kemudian masuk dan populer di kalangan milenial Indonesia."

Merunut sejarahnya, makanan hybrid (makanan hasil persilangan atau kombinasi makanan yang sudah ada dan dilakukan untuk menambah nilai jual serta ketertarikan) ini pertama kali dibuat oleh seorang chef asal Irlandia Louise Lennox pada 2017 lalu.

Mengutip The Kraze Magazine, untuk membuatnya, adonan croissant yang sudah dibuat dan digulung ditempatkan ke dalam alat pembuat wafel. Alat pembuat wafel yang memiliki garis kotak-kotak ini akan tercipta di atas adonan croissant. Tekanan dari alat wafel tersebut akan membuat croissant jadi pipih sehingga lebih crispy.

"Cara membuatnya sebenarnya mirip dengan croissant, tapi perbedaannya terletak pada komposisi pastry fat yang dipakai," kata Tony.

"Biasanya untuk membuat croissant butuh fat 30-40 persen, sedangkan croffel 20-15 persen saja."

Ada banyak restoran, bakery, atau gerai-gerai kopi yang menyajikan croffle, misalnya Paul Bakery, Pancious, Cork and Screw, Croffle factory,Dear Butter, Beau Bakery, dan lainnya.

Jika Anda punya banyak waktu di rumah dan ingin mencobanya maka Anda bisa berkreasi sendiri di rumah. Tapi jika ingin langsung menikmatinya, berikut beberapa rekomendasi croffel enak buat Anda yang pastinya bisa dipesan antar atau lewat ojek online. 

1. Kopi Soe
Dikenal sebagai gerai kopi susu dengan tambahan rum, Kopi Soe juga memiliki varian camilan baru sesuai tren saat ini yaitu croffel.

Gerai ini punya beberapa varian rasa croffle, baik yang asin ataupun manis. Soe menamainya sebagai Soeffle. Dari varian klasik, kayumanis, cokelat kacang, cokelat renyah, srikaya, peanut butter jelly. Beberapa rasa pun ada yang asin, seperti keju atau dengan chiki balls.

Sayangnya tak semua rasa ini selalu tersedia di semua gerainya. Klasik dan cokelat renyah menjadi pilihan saat itu karena hanya dua rasa tersebut yang bisa dipesan.

Basic croissant antara klasik dengan cokelat renyah dan varian lainnya sebenarnya sama. Klasik berarti tak diberi tambahan topping apapun. Sedangkan cokelat renyah, crofflenya akan dioles dengan tambahan selai cokelat sereal. Namun selai cokelat ini disajikan terpisah dalam wadah kecil.

Dengan ini, Anda bisa mengoleskan selai cokelat sesuai keinginan. Basic croissant-nya sendiri sebenarnya cukup enak. Bagian luarnya tak terlalu crispy, sedangkan bagian dalamnya masih lembut, hanya saja beberapa bagiannya terlihat masih butuh waktu sedikit agar matang sempurna dan tak alot.

aneka varian croffelFoto: CNN Indonesia/Christina Andhika
Croffel klasik dan cokelat renyah dari Kopi Soe

Rekomendasi croffle buat kamu masih berlanjut di halaman selanjutnya ya..

Rekomendasi Croffle

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK