5 Negara Terkecil di Dunia

CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 20:00 WIB
Sejumlah negara terkecil di dunia memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya bahkan menjadi negara tujuan wisata religi. Ilustrasi. Sejumlah negara terkecil di dunia memiliki daya tarik tersendiri. (CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap negara memiliki wilayah yang luas, terdiri dari daratan hingga lautan. Beberapa negara memiliki wilayah yang luas, beberapa lainnya justru sebaliknya.

Faktanya, ada sejumlah negara terkecil di dunia, yang luas wilayahnya begitu tak seberapa.

Meski begitu, negara-negara terkecil ini tetap mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satu di antaranya bahkan menjadi negara dengan tujuan wisata religi.


Berikut penjelasan tentang negara-negara terkecil, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Vatikan

Faithful gather in St. Peter's Square at the Vatican, Sunday, May 31, 2020. Pope Francis has cheerfully greeted people in St. Peter’s Square on Sunday, as he resumed his practice of speaking to the faithful there for the first time since lockdown began in Italy and at the Vatican in early March. Instead of the tens of thousands of people who might have turned out on a similarly brilliantly sunny day like this Sunday, in pre-pandemic times, perhaps a few hundred came to the square, standing well apart from others or in small family groups (Vatican News via AP)Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang luasnya tak lebih dari 1 kilometer persegi. (AP/Divisione Produzione Fotografica)

Dikutip dari laman Nations Online, Vatikan merupakan negara paling kecil yang luasnya hanya mencapai 0,44 kilometer persegi. Vatikan juga dikenal sebagai negara yang menganut sistem pemerintahan Teokrasi, yaitu berlandaskan agama.

Negara dengan penduduknya yang hanya mencapai 1.000 jiwa ini disebut sebagai negara 'enklave' karena letaknya di dalam negara lain, yaitu Italia. Kawasan Vatikan juga menjadi destinasi ziarah yang tidak pernah sepi pengunjung.

Sebagai tanda pembatas dengan Italia, wilayah Vatikan dikelilingi tembok-tembok yang melingkari sekitar Kota Roma.

2. Monako

View of  Principality of Monaco at sunriseIlustrasi. Sebagai negara terkecil di dunia, Monako hanya memiliki luas wilayah sekitar 2,02 kilometer persegi. (iStockphoto/Xantana)

Di urutan kedua ada Monako yang dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia dengan luas wilayah sekitar 2,02 kilometer persegi.

Meski kecil, namun jumlah penduduknya terbilang cukup banyak, yaitu sekitar lebih dari 30 ribu jiwa.

Monako masih berada di Eropa yang dikelilingi oleh negara Prancis. Letak pasti negara Monako ada di perbukitan dengan menghadap ke selatan laut Mediterania.

3. Liechtenstein

Balzers, Liechtenstein - September 2020: Burg Gutenberg, intact medieval castle and a church on a hilltopIlustrasi. Liechtenstein juga mendapat julukan sebagai salah satu negara terkecil di dunia. (istockphoto/taranchic)

Masih dari Benua Eropa, negara terkecil berikutnya yaitu Liechtenstein yang luasnya hanya 160 kilometer persegi, dengan populasi penduduk mencapai 37 ribu jiwa.

Negara Liechtenstein dipimpin oleh seorang perdana menteri dengan mayoritas penduduk memeluk agama Katolik Roma.

Kehidupan masyarakat Liechtenstein sangat dipengaruhi dari luar karena penduduknya ada yang berasal dari Jerman, Swiss, hingga Austria.

4. Nauru

Anibare, Nauru - January 18, 2014: The Republic of Nauru's only boat harbour lies in Anibare District and is a popular site for swimming and the launch of small fishing boats.Ilustrasi. Selain sebagai negara terkecil di dunia, Nauru juga pernah menjadi salah satu negara kaya karena pertambangan fosfat yang dimilikinya. (Istockphoto/Aksum)

Selanjutnya di posisi keempat ada Nauru sebagai negara terkecil di Benua Australia. Luas wilayah Nauru 21 kilometer persegi, dengan penduduknya 9.540 jiwa.

Nauru sempat menjadi negara kaya karena pernah memiliki pertambangan fosfat yang berlimpah sebagai bahan baku peledak. Akan tetapi, karena sejumlah faktor, wilayah Nauru mengalami kerusakan dan persediaan fosfat pun menurun drastis.

5. Tuvalu

A tropical beach and lagoon on an island in the South Pacific OceanCook IslandsIlustrasi. Tuvalu, salah satu negara terkecil di dunia, terletak di tengah Samudera Pasifik. (Istockphoto/Oversnap)

Tuvalu atau Kepulauan Ellice terletak antara wilayah Hawaii dan Australia, tepatnya di Samudera Pasifik.

Negara terkecil di dunia seperti Tuvalu ini memiliki luas wilayah 26 kilometer persegi, dengan penduduk sekitar 10 ribu jiwa lebih.

Sayangnya, keamanan penduduk Tuvalu cukup terancam apabila air laut terus naik, karena tinggi daratan Tuvalu sangat rendah.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK