Makanan Mengandung Protein Selain Telur

tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 09:20 WIB
Telur dikenal sebagai sumber protein yang baik. Namun perlu diketahui makanan mengandung protein bukan cuma telur, ada banyak sumber makanan lainnya. Telur dikenal sebagai sumber protein yang baik. Namun perlu diketahui makanan mengandung protein bukan cuma telur, ada banyak sumber makanan lainnya.(iStockphoto/AmalliaEka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telur dikenal sebagai sumber protein yang baik. Namun perlu diketahui makanan mengandung protein bukan cuma telur, ada banyak sumber makanan lainnya.

Protein dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang tidak diinginkan dan menjaga perut tetap kenyang. Tetapi penting untuk makan dalam jumlah yang tepat dan jenis protein yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Berikut sumber makanan mengandung protein, selain telur:

1. Seafood
Makanan laut adalah sumber protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Ikan seperti salmon sedikit lebih tinggi lemaknya, tetapi ini adalah jenis yang menyehatkan jantung: memiliki asam lemak omega-3.


2. Daging Unggas
Pilih daging unggas putih untuk mendapatkan protein tanpa lemak yang sangat baik. Anda bisa memilih daging ayam yang lezat tanpa lemak.

3. Susu, Keju, dan Yogurt
Mengutip WebMD, tidak hanya makanan susu seperti susu, keju, dan yogurt sumber protein yang sangat baik, tetapi mereka juga mengandung kalsium yang berharga, dan banyak yang diperkaya dengan vitamin D. Pilih susu skim atau rendah lemak untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat dan membantu mencegah osteoporosis.

4. Kacang polong
Setengah cangkir kacang mengandung protein nabati sebanyak satu ons steak panggang.

5. Kedelai
Lima puluh gram protein kedelai setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol sekitar 3 persen. Makan protein kedelai nabati alih-alih sumber protein tinggi lemak - dan menjaga pola makan sehat - bisa baik untuk jantung Anda.

6. Tuna

Raw food: top view of two fresh raw tuna steaks on a wooden cutting board shot on rustic wooden table. Some ingredients for cooking tuna steaks like, garlic, parsley, salt and pepper are all around the cutting board with the fillets. Predominant colors are red and brown. Low key DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM.Foto: istockphoto/fcafotodigital
tuna adalah salah satu makanan mengandung protein.


Tuna menjadi salah satu makanan mengandung protein. Ikan berlemak ini menyajikan lebih dari asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Satu porsi 3 ons tuna mentah memiliki 20 gram protein, dan satu kaleng tuna matang memiliki 33 gram protein.

7. Tahu
Tahu adalah salah satu bahan protein termurah dan paling mudah dibentuk. Protein berbasis kedelai ini mengambil rasa dari bumbu apa pun.

8. Tempe
Mengutip Prevention, tempe mengandung protein, zat besi, kalsium, riboflavin, niasin, magnesium, fosfor, mangan, dan sejumlah antioksidan penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ini adalah makanan mengandung protein yang banyak disukai di Indonesia. 

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK