5 Manfaat Membersihkan Lidah Buat Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 10:56 WIB
Menyikat gigi bukan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, tapi juga membersihkan lidah. Ada beberapa manfaat membersihkan lidah. Menyikat gigi bukan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, tapi juga membersihkan lidah. Ada beberapa manfaat membersihkan lidah. ( iStockphoto/AndreyPopov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyikat gigi bukan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, tapi juga membersihkan lidah. Ada beberapa manfaat membersihkan lidah. Secara tradisional dilakukan di pagi hari untuk menghilangkan sisa kotoran yang terbentuk dalam semalam.

"Tapi lidah Anda juga bisa menampung bakteri," ahli kebersihan gigi Tenika Patterson dikutip dari Cleveland Clinic.

Membersihkan lidah Anda penting untuk menjaga agar bakteri jahat, serta sisa-sisa makanan dan sel-sel mati yang mungkin menumpuk di sana, tidak menyebabkan masalah.


Berikut adalah empat alasan dan manfaat membersihkan lidah untuk kesehatan:

1. Menghilangkan bau mulut
Bau mulut dapat berdampak negatif pada kehidupan, hubungan, dan harga diri seseorang. Sebagian besar bau mulut berasal dari bakteri di bagian belakang lidah, area yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Studi klinis telah menunjukkan bahwa membersihkan lidah dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri jahat, yang menyebabkan napas menjadi lebih baik.

Itu karena aksi gesekan dari pengikis lidah mengumpulkan lapisan-lapisan ini. Dan menghilangkannya dari mulut dalam satu gerakan. Meskipun Anda bisa, tentu saja, hanya menggunakan sikat gigi untuk menyikat lidah, bentuk unik dari pengikis lidah membantu menghilangkan lebih banyak bakteri per gesekan.

2. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi
Ketika dikombinasikan dengan menyikat gigi dan flossing, praktik kebersihan mulut ini menghilangkan bakteri yang bertanggung jawab atas masalah periodontal, penumpukan plak, kerusakan gigi, infeksi gusi, dan resesi gusi, menjadikannya promotor yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi secara umum.

3. Meningkatkan pencernaan
Mengutip Mind Body Green, dalam Ayurveda, pencernaan yang baik dianggap sebagai dasar kesehatan. Mengingat bahwa pencernaan dimulai dengan rasa, sistem medis kuno mengatakan bahwa menghilangkan penumpukan lidah pada akhirnya membuat seluruh proses pencernaan berjalan lebih lancar. Mengikis juga mengaktifkan produksi air liur dan meningkatkan agni (api pencernaan tubuh) untuk membantu pencernaan sepanjang hari.

4. Peningkatan rasa
Saat Anda membersihkan lidah, Anda seolah-olah memulai dengan palet yang benar-benar segar. Ini akan membantu meningkatkan rasa makanan karena tak bercampur dengan kotoran-kotoran yang menumpuk di lidah.

5. Peningkatan kesehatan secara keseluruhan
Menjaga kebersihan mulut Anda sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Membersihkan lidah dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang mengobarkan gusi serta mencegah gigi berlubang. Ketika hal ini diabaikan, bakteri tersebut bisa menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

Menjaga kebersihan mulut Anda sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Manfaat membersihkan lidah dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang menyebabkan gusi serta mencegah gigi berlubang. Ketika hal ini diabaikan, bakteri tersebut bisa menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK