7 Tanda Hubungan Seksual yang Sehat

tim, CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 22:30 WIB
Hubungan seksual yang dijalani harus sehat dan menyehatkan. Berikut 7 tanda hubungan seksual yang sehat. Hubungan seksual yang dijalani harus sehat dan menyehatkan. Berikut 7 tanda hubungan seksual yang sehat.(Foto: iStockphoto/:chee gin tan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hubungan seksual bukan hanya sekadar untuk memenuhi hasrat belaka. Hubungan seksual juga harus sehat dan menyehatkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kehidupan seksual yang sehat membuat seseorang memiliki pengalaman seksual yang menyenangkan, aman, bebas dari paksaan, diskriminasi, dan kekerasan.

Hubungan seksual yang sehat juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Berikut sejumlah tanda hubungan seksual yang sehat.


1. Percaya diri

Hubungan seksual yang sehat akan membuat Anda dan pasangan semakin percaya diri menjalani kehidupan, termasuk percaya diri dengan tubuh sendiri.

Anda dan pasangan tak lagi takut atau malu dengan tubuh sendiri saat menjalani hubungan seksual misalnya dengan stretch mark, bekas luka, bulu halus, dan sebagainya. Ini artinya, Anda dan pasangan menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain.

2. Tidak takut mengungkapkan pikiran

Terapis Aline Zoldbrod mengatakan hubungan seksual yang menyehatkan terjadi ketika Anda atau pasangan tidak takut mengungkapkan apa yang diinginkan.

"Seks yang baik adalah menemukan apa 'resep' yang diinginkan," kata Zolbrod dalam Prevention.

Anda atau pasangan berani mencoba pose tertentu, berhubungan seksual di sebuah tempat baru, atau mencoba kinky seks. Mengutarakan pendapat soal fantasi seksual juga akan membantu menciptakan hubungan intim yang menyenangkan.

3. Menjadwalkan seks

Hubungan seksual seringkali dilakukan secara spontanitas. Hubungan seksual yang sehat juga ditandai dengan menjadwalkan hubungan seks secara teratur.

Perencanaan adalah hal penting dalam sebuah hubungan. Melansir Very Well Mind, tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk berhubungan intim dengan cara merencanakan kapan dan di mana.

Perencanaan, membuat Anda maupun pasangan dapat membangun emosi, mempersiapkan hal-hal yang diinginkan, dan menyingkirkan apa saja yang bisa mendistraksi hubungan seks.

7 Tanda Hubungan Seksual yang Sehat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK