Adab Makan dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah

tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 16:17 WIB
Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam tata cara makan yang benar. Berikut adab makan dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah. Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam tata cara makan yang benar. Berikut adab makan dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah.(Foto: iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam Islam, makan tak hanya sekadar mengisi perut saat lapar. Terdapat adab makan dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Adab makan adalah tata cara yang dilakukan selama makan mulai dari sebelum makan, saat makan, dan setelah makan sesuai dengan syariat Islam.

Sejumlah hadis meriwayatkan adab makan sesuai dengan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.


Berikut adab makan dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah.

1. Berniat karena Allah

Lambang Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW yang berada di salah satu kios milik masjid, Senin (29/5). Pendanaan masjid biasanya didapatkan dari sumbangan umat muslim yang datang dan beribadah di masjid tersebut. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/17.Salah satu adab makan dalam Islam yang diajarkan Rasulullah adalah berniat karena Allah SWT.(Foto: ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Umat Islam dianjurkan untuk melakukan segala sesuatu dengan niat karena Allah SWT, termasuk makan. Makan dan minum yang diniatkan karena Allah SWT akan bernilai amal ibadah.

2. Doa sebelum makan

Sebelum makan umat Islam juga mesti berdoa. Doa dapat dilakukan dengan menyebut nama Allah dengan mengucapkan bismillah dan berdoa.

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: 'Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya),'" (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858.)

Berikut doa sebelum makan:

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar

Artinya: Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka.

Jika lupa membaca doa, maka bacalah:

بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu

Artinya: Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.

Simak adab makan dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah lainnya di halaman berikut.

Adab Makan dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK