5 Kesalahan Menyisir yang Bikin Rambut Rontok

tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 08:03 WIB
Meski terlihat sederhana, tapi salah menyisir dapat membuat rambut rontok. Berikut kesalahan yang bikin rambut rontok. Meski terlihat sederhana, tapi salah menyisir dapat membuat rambut rontok. Berikut kesalahan yang bikin rambut rontok. (iStockphoto/ipopba)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menata rambut memang tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Apalagi di masa PPKM seperti sekarang, paling mentok menyisir rambut sudah cukup.

Meski terlihat sederhana, tapi ada saja kesalahan menyisir yang tanpa sadar dilakukan. Kesalahan-kesalahan ini bisa membuat rambut rontok lebih banyak bahkan membuat rambut makin tipis.

Berikut lima kesalahan menyisir yang bikin rambut rontok.


1. Dimulai dari kulit kepala

Saat kulit kepala terasa gatal, menyisir rambut dari area ini bisa jadi sekali dayung dapat dua pulau. Rambut rapi, rasa gatal berkurang. Kebiasaan menyisir dari kulit kepala pun tetap dilakukan termasuk setelah keramas. Padahal, sisir tidak dirancang untuk menyentuh area kulit kepala.

Anabel Kingsley, trichologist di Philip Kingsley, mengingatkan bahwa sisir akan menggaruk lalu menimbulkan iritasi dan berdampak negatif pada kulit kepala. Menyisir rambut dari kulit kepala ke bawah bakal membuat rambut rontok dan menipis.

Senada dengan Kingsley, Fernando Salas, pencipta produk White Sands, juga berkata kebiasaan ini justru akan memperparah kekusutan rambut. Sebaiknya sisir rambut dengan lembut dari bagian bawah untuk mengurai kekusutan.

"Ini membuat Anda bisa menyisir dengan lembut dan dengan hati-hati menyingkirkan rambut yang saling bertaut," kata Kingsley mengutip dari Reader's Digest.

2. Pilihan sisir tidak sesuai jenis rambut

Pilih sisir sesuai jenis rambut karena ini akan menyelamatkan rambut dari kerontokan. Sisir berbahan kayu dinilai aman dan cocok untuk rambut dengan kulit kepala berminyak.

Sebagaimana dilansir Bright Side, untuk rambut lurus baik menggunakan sisir dengan bentuk sikat halus seperti bulu babi. Sedangkan rambut keriting paling baik menggunakan sisir dengan gigi-gigi lebih besar seperti dayung sehingga bisa mengurangi kekusutan.

3. Pilihan sisir tidak sesuai dengan kondisi rambut

Banyak yang menyarankan untuk tidak menyisir rambut dalam kondisi basah setelah keramas. Namun sebenarnya ini sah-sah saja dilakukan selama Anda menggunakan sisir yang tepat.

Rambut yang masih basah sebaiknya disisir dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Ini akan mengurangi kekusutan tanpa membuatnya rontok berlebihan. Kemudian rapikan rambut dengan sisir yang biasa digunakan jika rambut sudah kering.

4. Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Ini yang kerap dilewatkan yakni membiarkan rambut tanpa disisir sebelum keramas. Dengan menyisir rambut sebelum keramas, Anda sudah berkontribusi pada pengurangan kekusutan dan kerontokan rambut.

Jangan lupa gosok kulit kepala dengan lembut saat keramas. Setelahnya, bilas dan bungkus dengan handuk, bukan digosok karena bisa membuat rambut kusut lagi.

5. Terlalu sering menyisir

Menyisir rambut memang baik dilakukan untuk merapikan sekaligus meratakan distribusi minyak alami rambut. Namun manfaat ini tidak akan Anda dapatkan jika aktivitas menyisir dilakukan terlalu sering. Rambut yang terlalu sering disisir malah membuat kulit kepala tegang, sehingga rambut rontok.

Danielle Allyson, penata rambut yang berbasis di New York, menyarankan untuk menyisir rambut hanya sekali di pagi dan sekali di malam hari.

"Kecuali Anda memiliki rambut yang sangat kusut, tidak perlu menyikat lebih sering," kata Allyson, seperti dikutip Prevention.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK