7 Kebiasaan Makan yang Salah, Picu Penyakit

tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 09:59 WIB
Kebiasaan makan yang salah dapat memicu munculnya sejumlah penyakit seperti diabetes dan kanker. Berikut 7 kebiasaan makan yang salah. Kebiasaan makan yang salah dapat memicu munculnya sejumlah penyakit seperti diabetes dan kanker. Berikut 7 kebiasaan makan yang salah.(Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Markovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makan adalah cara untuk mendapatkan energi dan nutrisi bagi tubuh. Namun, kebiasaan makan yang salah justru dapat memicu penyakit. Sejumlah penyakit yang dapat muncul di antaranya obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Kebiasaan makan ini seringkali dilakukan tanpa disadari. Ubah kebiasaan makan yang salah agar tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang optimal saat makan.

Berikut 7 kebiasaan makan yang salah:


1. Makan terburu-buru

A little boy eats a donut and looks at the camera.  He has a huge pile of donuts in front of him.  He is hispanic and has big natural hair.  He is sitting at a kitchen counter inside a home.Salah satu kebiasaan makan yang salah dan dapat memicu penyakit adalah makan dengan terburu-buru. (Foto: Istockphoto/patrickheagney)

Setiap orang direkomendasikan untuk makan dengan tenang. Kunyah makanan hingga benar-benar lumat untuk memudahkan pencernaan di dalam perut.

Makan terburu-buru berisiko menyebabkan tersedak. Tersedak dapat menutup saluran udara yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

2. Kurang sayur dan buah

Kebiasaan makan yang salah berikutnya adalah kurang atau bahkan tidak makan sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurang sayur dan buah dapat menurunkan daya tahan tubuh. Studi juga menunjukkan orang yang lebih sedikit makan sayur dan buah lebih berisiko terkena penyakit jantung dan kanker.

3. Konsumsi makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji kerap jadi pilihan bagi banyak orang. Padahal, makanan ini dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti obesitas, diabetes, dan kanker.

Makanan cepat saji telah melalui proses pengolahan yang panjang. Proses ini membuat nutrisi berkurang. Selain itu, jenis makanan ini juga kaya lemak.

Simak kebiasaan makan yang salah selanjutnya di halaman berikut.

7 Kebiasaan Makan yang Salah, Picu Penyakit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK