3 Cara Mudah Mengetahui Ukuran Cincin Perempuan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 12:02 WIB
Setiap perempuan memiliki ukuran cincinnya masing-masing. Bagaimana cara mengetahui ukuran cincin perempuan? Ilustrasi. Ada beberapa cara mengetahui ukuran cincin perempuan. (iStockphoto/solidcolours)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap perempuan memiliki ukuran cincinnya masing-masing. Bagaimana cara mengetahui ukuran cincin perempuan?

Memberikan hadiah berupa cincin pada yang terkasih ibarat bentuk rasa cinta. Cincin menjadi salah satu aksesori paling umum yang disukai perempuan.

Namun, memberikan cincin yang tepat rasanya susah-susah gampang. Jika salah ukuran, maka bisa-bisa cincin jadi tak terpakai.


Betapa tidak, masing-masing perempuan memiliki ukuran lingkar jari yang saling berbeda satu sama lain. Setiap cincin juga umumnya dijual dengan ukuran yang berbeda.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengukur cincin yang bisa diikuti, seperti berikut.

1. Gunakan tali atau kertas

measuring ring size stick, hand of a goldsmith measures a golden ring on sizing gauge.Ilustrasi. Mengukur menggunakan kertas bisa menjadi salah satu cara mengetahui ukuran cincin perempuan. (iStockphoto/Nut Korpsrisawat)

Anda dapat mengukur lingkar jari dengan menggunakan tali atau potongan kertas.

Ambil tali atau benang atau kertas. Potong kertas memanjang. Lalu, lilitkan tali atau kertas di sekitar pangkal jari, cukup satu gulungan saja. Tandai ujung gulungan tali atau kertas.

Kemudian, lepas tali atau kertas yang telah ditandai, lalu ukur dengan menggunakan penggaris. Setelah didapat ukuran dalam bentuk milimeter, lalu bandingkan hasilnya dengan tabel standar ukuran cincin internasional.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan cara ini. Mengutip Real Simple, tali dan kertas dapat meregang. Jadi, coba-lah untuk membuat lilitan pada jari tidak terlalu kencang.

2. Gunakan cincin yang sudah dimiliki

Cara mengetahui ukuran cincin perempuan lainnya adalah dengan menggunakan perhiasan sama yang sudah ada sebelumnya. Anda bisa menggunakan cincin yang telah dimiliki.

Ukur diameter bagian dalam cincin, bisa dengan menggunakan penggaris. Setelah didapat hasilnya dalam bentuk milimeter, sesuaikan dengan tabel standar ukuran cincin internasional.

3. Menggunakan pengukur cincin

Jika Anda meragukan akurasi kedua cara di atas, maka Anda bisa mengukur dengan menggunakan alat khusus. Alat pengukur cincin sebenarnya dijual dengan bebas di pasaran, Anda bisa membelinya secara daring.

Atau, Anda juga bisa mengukur jari dengan kertas pengukur cincin. Kertas pengukur ini bisa diunduh secara daring.

Cetak pengukur dengan ukuran normal dan gunting. Lalu, kaitkan ujung kertas pengukur ke celah yang telah dilubangi, dan tarik hingga terasa pas di jari.

Yang Perlu Diperhatikan saat Mengukur Cincin

Hand holding used ring size sizing measure checking in workshop jewelry goldIlustrasi. Cara mengetahui ukuran cincin perempuan harus memperhatikan beberapa hal. (iStockphoto/Spaghettikku)

Selain beberapa cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti berikut.

1. Ukur lebih dari sekali

Untuk mendapatkan ukuran yang pas, Anda disarankan mengukur lingkar jari lebih dari sekali.

Perlu diketahui, jari akan membengkak dalam waktu dan cuaca tertentu. Jadi, periksa ukuran lingkar jari Anda di pagi saat cuaca dingin dan siang atau sore hari saat cuaca mulai hangat.

2. Pertimbangkan rangka cincin

Menukil laman Ring Sizes, semakin lebar rangka cincin, maka semakin besar kemungkinan ukuran cincin akan sesuai. Sebaliknya, semakin tipis, maka semakin besar kemungkinan ukuran cincin akan lebih besar.

3. Ketahui skala ukuran cincin

Setiap negara memiliki skala ukuran cincin yang berbeda. Di Indonesia, skala besaran berada pada kisaran 5,5 hingga 34. Sementara di Amerika Serikat, skalanya berkisar pada 3 hingga 15.

Kendati demikian, perbedaan antara kedua skala tersebut tak jauh berbeda. Jadi, Anda bisa mengikuti patokan ukuran standar internasional.

Cara mengetahui ukuran cincin perempuan di atas terbilang mudah dan dapat dilakukan di rumah. Selamat mencoba!

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK