Cara Membuat Masker Wajah Alami yang Aman untuk Anak-anak

CNN Indonesia
Sabtu, 07 Agu 2021 22:05 WIB
Selain untuk dewasa, masker wajah juga memungkinkan digunakan anak-anak berusia di atas 5 tahun. Berikut cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak. Foto: iStockphoto/stock_colors
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain untuk dewasa, masker wajah juga memungkinkan digunakan anak-anak berusia di atas 5 tahun sebagai bentuk perawatan kulit wajah.

Meski terkadang khawatir kandungan kimia dalam produk masker berpotensi merusak kulit anak, namun Anda bisa mencoba cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak yang lebih aman.

Menurut Mom Junction, bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk masker wajah anak di antaranya sebagai berikut.


1. Mentimun

Mentimun memiliki efek dingin yang menenangkan ketika diaplikasikan ke wajah atau mata. Mentimun membuat kulit anak lebih segar setelah menggunakannya.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kandungan vitamin A, B1, B2, D, E, dan nutrisi esensial lainnya, yang bekerja cukup efektif dalam menangani kulit kering atau sensitif.

3. Madu

Ilustrasi MaduIlustrasi. Cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak terbilang mudah, salah satunya dengan menggunakan madu. (stevepb/Pixabay)

Tak masalah jika Anda ingin mengoleskan tipis-tipis madu ke area wajah anak. Hal ini bermanfaat untuk mengencangkan serta menghidrasi kulit supaya lebih lembap.

4. Pepaya

Enzim papain dalam pepaya mempunyai tugas untuk menghancurkan sel kulit mati.

Tapi, jangan gunakan masker pepaya saat kulit anak terkena iritasi atau terbakar sinar ultraviolet.

5. Yoghurt

Menggunakan yoghurt plain sebagai masker wajah anak masih diperbolehkan, karena berfungsi melembutkan kulit wajah dan aman digunakan semua jenis kulit.

Cara membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak

front view of little girl with brown flying hair having toothy smile on her face and feeling joyful, photo taken indoors.Ilustrasi. Sebagai bentuk perawatan wajah, orang tua bisa mengikuti cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak ini. (iStockphoto/stock_colors)

Dari bahan-bahan di atas, berikut cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Masker oatmeal

Bahan:
25 gram oatmeal
air secukupnya
½ sdt madu.

Cara penggunaan:
Campurkan semua bahan ke dalam wadah, lalu aplikasikan ke wajah anak. Diamkan sekitar 15 menit sampai kering dan bilas sampai bersih.

2. Masker alpukat

Bahan:
½ bagian alpukat, haluskan
1 sdt madu
1 sdt minyak zaitun

Cara penggunaan:
Campurkan semua bahan ke dalam wadah, oleskan masker alpukat ke seluruh wajah. Biarkan 10-15 menit, setelahnya bersihkan dengan air biasa.

3. Masker madu pisang

Bahan:
½ potong buah pisang, haluskan
1 sdt madu

Cara penggunaan:
Aduk jadi satu kedua bahan dalam wadah, kemudian oleskan ke wajah anak. Tunggu sekitar satu jam dan setelah itu bilas dengan air hangat.

4. Masker pepaya

ilustrasi pepayaIlustrasi. Pepaya juga bisa jadi bahan yang digunakan dalam cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak yang aman. (iStockphoto/ansonmiao)

Bahan:
¼ bagian pepaya, haluskan
1 sdt madu
5-6 tetes perasan lemon

Cara penggunaan:
Campur jadi satu semua bahan ke dalam wadah, oles ke wajah sampai leher. Biarkan sekitar 15-20 menit, lalu cuci wajah sampai bersih.

5. Masker mentimun

Bahan:
½ potong mentimun, haluskan atau blender
120 gram yoghurt plain
irisan daun mint (opsional)

Cara penggunaan:
Campur mentimun yang sudah halus dan yoghurt ke wadah, beri daun mint, aplikasikan ke wajah lalu diamkan 15-20, kemudian bersihkan wajah dengan air.

Lihat Juga :

Manfaat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak

Ada beberapa manfaat yang diberikan masker wajah alami untuk anak, seperti berikut:

- Menghaluskan pori-pori kulit
- Tingkatkan kelembapan kulit
- Kurangi garis halus di wajah
- Mengencangkan kulit wajah
- Ratakan warna kulit
- Menenangkan kulit
- Mengangkat sel-sel kulit mati

Itu-lah cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak beserta manfaatnya. Tapi, perlu diingat, menggunakan masker juga tidak baik jika terlalu sering. Idealnya, aplikasikan masker setidaknya sekali dalam sebulan atau dua hingga tiga pekan.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER