5 Cara Mengatasi Coronasomnia, Susah Tidur di Masa Pandemi

tim | CNN Indonesia
Kamis, 05 Agu 2021 11:10 WIB
Coronasomnia merupakan kondisi susah tidur karena pandemi Covid-19. Berikut cara mengatasi Coronasomnia. Coronasomnia merupakan kondisi susah tidur karena pandemi Covid-19. Berikut cara mengatasi Coronasomnia. (Foto: iStockphoto/Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa Anda susah tidur selama pandemi Covid-19? Bisa jadi Anda mengalami coronasomnia, kondisi susah tidur karena pandemi Covid-19. Anda bisa mencoba sejumlah cara mengatasi coronasomnia berikut ini.

Somnologis atau dokter spesialis kesehatan tidur Andreas Prasadja menjelaskan coronasomnia bukan merupakan sebuah diagnosis penyakit. Virus corona tidak membuat seseorang mengalami insomnia.

"Coronasomnia lebih disebabkan isolasinya, seperti orang yang kerja di rumah, banyak mengalami insomnia," kata Andreas dalam sebuah webinar beberapa waktu lalu.

Dokter spesialis kesehatan jiwa Andri menjelaskan bahwa coronasomnia adalah gangguan tidur yang dialami oleh orang yang sulit menerima kondisi pandemi.

"Kayak ketakutan yang luar biasa akibat pemberitaan terkait Covid-19. Mungkin banyak yang mengatakan 'Oh ini bisa mati', bisa kenapa-kenapa. Itu salah satunya," kata Andri seperti dikutip dari Antara.

Berikut beberapa cara mengatasi coronasomnia:

1. Menciptakan 'irama' aktivitas sehari-hari

Ilustrasi meja kerjaSalah satu cara mengatasi coronasomnia adalah dengan menciptakan irama sirkadian.(Foto: Aleksi Tappura)

Aktivitas dan kerja yang dilakukan dari rumah membuat tubuh kehilangan irama sirkadian. Irama sirkadian merupakan sistem internal tubuh yang mengatur siklus tidur hingga pencernaan.

Menurut Andreas, aktivitas yang dilakukan di rumah terus menerus dengan pencahayaan yang sama dapat membuat irama sirkadian kacau.

"Perlu diingat, irama sirkadian tubuh peka terhadap cahaya. Kalau berada di lingkungan yang sama terus-menerus, otak jadi enggak bisa membedakan lingkungan lagi," kata Andreas.

Untuk mengatasinya, Andreas menyarankan agar setiap orang mulai menciptakan irama aktivitas sehari-hari. Anda perlu mengatur agenda kegiatan misal waktu kerja mulai pukul 9 pagi sampai pukul 6 petang. Dilanjutkan waktu istirahat atau santai.

Ciptakan lingkungan dan suasana yang berbeda pada setiap kegiatan agar irama sirkadian mudah terbentuk. Tidur pun akan jadi tepat waktu.

Simak cara mengatasi coronasomnia selanjutnya di halaman berikut.

5 Cara Mengatasi Coronasomnia, Susah Tidur di Masa Pandemi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER