OLIMPIADE TOKYO 2020

Alasan Pemain Voli Pantai Pakai Bikini

tim, CNN Indonesia | Jumat, 06/08/2021 22:56 WIB
Seorang ibu yang meminta tayangan voli dihentikan lantaran bikini, jadi viral. Terlepas dari kontroversinya voli pantai dan bikini memang tak terpisahkan. Seorang ibu yang meminta tayangan voli dihentikan lantaran bikini, jadi viral. Terlepas dari kontroversinya voli pantai dan bikini memang tak terpisahkan.(AP/Felipe Dana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Surat seorang ibu yang meminta tayangan voli pantai dihentikan lantaran bikini yang dipakai menjadi sorotan.

Namun sebenarnya voli bukan satu-satunya olahraga yang menuai kritik lantaran dianggap seksi karena bikini. Beberapa waktu lalu tim beach handball Norwegia didenda lantaran memakai celana pendek, bukan bikini.

Terlepas dari semua kontroversi serta pro kontra soal olahraga dan bikini, voli pantai dan bikini memang tak bisa dipisahkan.


Sejak jadi olahraga resmi Olimpiade pada 1996 lalu, voli pantai putri sudah memakai bikini sebagai seragamnya.

Namun peraturan agak sedikit berubah sejak Olimpiade London. Pemain voli wanita bisa memilih memakai celana pendek dan atasan berlengan. Namun sebagian besar pemain masih melakukan servis bola dan bermain dengan bikini.

Apa sebenarnya alasan pakai bikini saat main voli pantai?

"Setelan kami harus pas sehingga tidak berpindah tempat yang tidak kami inginkan," ungkap peraih medali perak voli pantai London 2012 Jennifer Kessy, dikutip dari Today.

"Selain itu, sebagai seorang atlet profesional, setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dengan bikini atau baju renang one-piece. Bermain dalam one-piece tidak pernah nyaman bagi saya. Itu membatasi dan membatasi gerakan saya."

Namun haruskah pakai bikini?

Tidak, atlet tidak diharuskan memakai bikini untuk bermain voli pantai di Olimpiade. Semua kembali ke pilihan dan kenyamanan pribadi.

Di Olimpiade Tokyo, tim senam Jerman memakai unitard panjang. Mengutip CBC, Para atlet mengatakan mereka mencoba untuk memerangi seksualisasi perempuan dan anak perempuan muda dalam olahraga mereka, yang mencoba untuk pulih dari skandal pelecehan seksual selama beberapa dekade.

Kepala penyiaran di Olimpiade Tokyo mengatakan minggu ini mengatakan feed mereka tidak akan menyoroti gambar seksual atlet wanita, melainkan berfokus pada "daya tarik olahraga, bukan daya tarik seks."

Tetapi para pemain bola voli pantai menggunakan perlengkapan mereka - dan bagi mereka, bikini adalah perlengkapan kompetisi mereka.

"Jadi bagaimana dengan ini: Sebut saja mereka sebagai pakaian kompetisi atau perlengkapan kompetisi - maka mungkin itu tidak akan membuat orang tidak nyaman atau tidak akan ada stigma yang melekat," kata Kessy.

Atlet voli pantai Indonesia Putu Dini Jasita mengembalikan bola pada penyisihan voli pantai melawan pasangan Thailand Rumpaipruet Numwong dan Khanittha Hongpak di arena voli pantai Jakabaring Sport City, Senin (15/12). Indonesia memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 21-19,21-17. ANTARA FOTO/ Feny Selly/ed/ama/14Foto: ANTARA FOTO/ Feny Selly/ed/ama/14
ilustrasi voli pantai

Buku pedoman seragam

Federation Internationale de Volleyball (FIVB) mengeluarkan pedoman seragam setebal 22 halaman untuk Olimpiade Tokyo. Di panduan ini mencakup semua hal tentang kain, warna, nama, nomor, dan seberapa besar logo pabrik.

Dalam panduannya ini, mereka juga memiliki gambar gaya yang bisa digunakan untuk atlet wanita, termasuk atasan lengan pendek, tank top, atau lengan panjang untuk alasan kesopanan, atau lengan panjang untuk dipakai saat cuaca dingin. Sedangkan untuk celana bisa memakai celana panjang, celana pendek, baju renang one-piece atau bikini.

Para pria mengenakan tank top dan celana pendek papan, yang bisa menutupi kemeja lengan panjang dan celana ketat dalam cuaca dingin.

Ada juga pilihan untuk tim dengan aturan berpakaian religius. Namun semuanya kembali ke pilihan dan kenyamanan masing-masing tim. Memakai bikini demi alasan keleluasaan bergerak juga tak menyalahi pedoman dari FIVB. 

"Pedoman seragam voli pantai FIVB memungkinkan berbagai pilihan berbeda," kata federasi internasional.

"Voli pantai menyambut semua, dan peraturan seragam ini memastikan bahwa olahraga kami inklusif secara budaya dan agama."

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK