HARI BIR SEDUNIA

Sejarah di Balik Perayaan Hari Bir Sedunia

tim, CNN Indonesia | Jumat, 06/08/2021 10:05 WIB
Hari Bir Internasional atau International Beer Day dirayakan setiap Jumat pertama di bulan Agustus, dan tahun ini jatuh pada 6 Agustus. Hari Bir Internasional atau International Beer Day dirayakan setiap Jumat pertama di bulan Agustus, dan tahun ini jatuh pada 6 Agustus. (Republica/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Bir Sedunia atau International Beer Day dirayakan setiap Jumat pertama di bulan Agustus, dan tahun ini jatuh pada 6 Agustus.

Hari Bir Sedunia pertama kali dirayakan pada Agustus 2008. Agustus dipilih karena bertepatan dengan musim panas di sejumlah negara, di mana menjadi waktu yang tepat untuk menikmati bir.

Sebagaimana dilansir laman resmi International Beer Day (IBD), Hari Bir Sedunia dicetuskan pertama oleh Jesse Avshalomovn di Santa Cruz, California pada 2007.


Hingga 2012, perayaan Hari Bir Sedunia selalu dirayakan setiap 5 Agustus. Namun setelah itu, sang pendiri mengubahnya menjadi Jumat pertama bulan Agustus setelah melakukan polling dari para penggemar.

"Perayaan Hari Bir Sedunia ini menjadi hari bagi pecinta bir di mana saja untuk bersulang untuk para pembuat bir dan bartender di seluruh dunia dan bersukacita," demikian keterangan dalam situs tersebut.

Tujuan utama perayaan Hari Bir Sedunia sendiri ada tiga, yakni:

- Untuk berkumpul bersama teman dan menikmati kelezatan bir.

- Untuk merayakan pria dan wanita berdedikasi yang meracik dan menyajikan bir.

- Untuk menyatukan dunia dengan merayakan bir dari semua bangsa dan budaya pada satu hari yang luar biasa.

Lalu, bagaimana cara merayakan Hari Bir Sedunia?

Menurut panduan yang tertera dalam situs tersebut, para pencinta bir dapat merayakan hari ini dengan sejumlah cara. Berikut beberapa di antaranya.

1. Minum bir dengan teman baik

Di masa pandemi Covid-19, meski tak dapat bertemu tatap muka, Anda tetap bisa merayakan Hari Bir Sedunia secara virtual.

Coba ajak teman-teman Anda untuk menyesap bir bersama sambil bertukar sapa secara virtual. Selain itu, Anda bisa menyisipkan aktivitas lain seperti memutar lagu atau film dan menontonnya bersama.

2. Berikan hadiah bir

Sudah menjadi fakta umum bahwa bir terasa lebih enak saat orang lain membelikannya untuk Anda, jadi di Hari Bir Sedunia Anda bisa mencoba tradisi membelikan bir untuk teman Anda.

3. Nikmati bir dari budaya lain

Cobalah sesuatu yang baru di Hari Sedunia. Pasalnya, ada banyak bir lokal dengan rasa yang tak kalah menakjubkan.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK