5 Kebiasaan yang Tingkatkan Peluang Hamil

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 17:46 WIB
Beberapa kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari dapat membantu meningkatkan peluang hamil. Ilustrasi. Beberapa kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari dapat membantu meningkatkan peluang hamil. (Istockphoto/ Gorodenkoff)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabar kehamilan akan tergantung pada tingkat kesuburan Anda. Ada beberapa kebiasaan yang membantu meningkatkan kesuburan.

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesuburan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan.

Tingkatkan kesuburan Anda dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut, mengutip berbagai sumber.


1. Tidur cukup dan berkualitas

Tidur memengaruhi kesehatan secara menyeluruh, termasuk di antaranya kesuburan. Kurang tidur dapat mengganggu kesuburan Anda.

Mengutip Very Well Family, penelitian menunjukkan bahwa aktivasi hipotalamus hipofisis adrenal (HPA) dan disritmia sirkadian dapat mengganggu sistem reproduksi. Studi lain juga menemukan meningkatnya angka keguguran pada perempuan yang bekerja di malam hari.

Selain itu, alasan lainnya adalah karena kurang tidur juga dapat memicu kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat menimbulkan masalah saat ovulasi dan memengaruhi kesehatan sperma.

Jika Anda menginginkan kehamilan, maka coba identifikasi waktu tidur. Tetapkan jadwal tidur dan bangun, serta lakukan rutinitas malam sebelum tidur. Selain itu, dapatkan juga paparan sinar matahari dan lakukan aktivitas fisik yang ringan.

2. Kurangi asupan kafein

Penelitian menemukan bahwa risiko keguguran akan meningkat akibat asupan kafein yang tinggi. Itu artinya perlu membatasi konsumsi kafein jika Anda menginginkan kehamilan.

Prepairing iced latte on wooden tableIlustrasi. Mengurangi asupan kafein seperti pada kopi dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan. (iStockphoto)

American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan tak lebih dari 200 miligram kafein per hari. Angka itu setara dengan 150 gram bubuk kopi.

Untuk mengatasinya, alih-alih minum kopi untuk mengatasi kantuk di siang hari, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Powernap selama 15-20 menit juga dapat kembali meningkatkan energi.

3. Olahraga

Tak hanya baik untuk daya tahan tubuh, olahraga juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Penelitian menemukan, aktivitas fisik dapat meningkatkan kemungkinan hamil.

Tak perlu pusing mencari jenis olahraga yang tepat. Cara paling mudah adalah dengan berjalan kaki setiap hari. Kuncinya adalah bergerak lebih banyak sepanjang hari.

4. Rajin berhubungan seks

Jika Anda menginginkan kehamilan, Anda patut sering untuk melakukan hubungan seks penetrasi. Mengutip Medical News Today, lakukan hubungan seks terutama selama masa subur perempuan.

Pada umumnya, puncak masa subur terjadi pada 5 hari sebelum ovulasi dan 2-3 hari setelah ovulasi. Biasanya masa subur terjadi pada 10-16 hari setelah menstruasi, dengan siklus normal 28 hari.

Lakukan hubungan seks sekali dalam setiap 1-2 hari untuk meningkatkan peluang kehamilan.

5. Cara memilih pelumas

Beberapa pasangan mungkin membutuhkan pelumas untuk berhubungan seks. Namun, tak semua pelumas dibuat dengan bahan yang sama.

Selain pelumas yang tersedia di pasaran, Anda dapat menggunakan pelumas alami yang tersedia di rumah seperti baby oil, minyak canola, dan putih telur.

Namun, saat Anda membeli pelumas yang tersedia di pasaran, pertimbangkan pelumas yang aman untuk kesuburan.

Hindari pelumas yang dibuat dengan bahan dasar air. Motilitas sperma dapat terhambat hingga 100 persen saat menggunakan pelumas berbahan dasar air.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK