5 Bahaya Diet Ketat: Turunkan Imun hingga Merusak Metabolisme

tim | CNN Indonesia
Kamis, 12 Agu 2021 09:30 WIB
Diet ketat adalah diet yang dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu dan cenderung ekstrem. Berikut bahaya diet ketat. Diet ketat adalah diet yang dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu dan cenderung ekstrem. Berikut bahaya diet ketat.(Foto: iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet ketat adalah diet yang dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu dan cenderung ekstrem, seperti mengurangi kalori dalam jumlah besar atau tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu. Kondisi ini dapat memicu sejumlah bahaya. Berikut bahaya diet ketat.

Diet ketat dapat membahayakan tubuh baik secara fisik maupun mental.

"Sebagian orang mengartikan kata diet dengan hal-hal yang negatif, misalkan diet ketat, diet ekstrim, mengurangi makan secara drastis, tidak mengonsumsi makanan secara tepat sesuai gizi seimbang, harus turun berat badan dengan cepat, yang mana semua ini dapat berdampak negatif pada kesehatan, baik secara fisik maupun psikis," kata ahli gizi Mochammad Rizal kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Berikut 5 bahaya diet ketat:

1. Menurunkan daya tahan tubuh

Ilustrasi kelelahan saat berlariBahaya diet ketat adalah dapat menurunkan sistem imunitas tubuh. (Foto: iStock/piranka)

Diet ketat dengan mengurangi asupan berarti mengurangi jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh bisa kekurangan nutrisi penting untuk seperti vitamin dan mineral. Dua nutrisi ini penting untuk memperkuat sistem imunitas.

Daya tahan tubuh yang melemah dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

2. Menurunkan sistem metabolisme

Saat tubuh diet ketat agar berat badan turun dengan cepat, metabolisme tubuh akan bekerja lebih cepat. Namun, kondisi ini justru melemahkan sistem metabolisme karena dipaksa bekerja ekstra.

3. Merusak otot

Studi menunjukkan diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat dapat merusak otot, dibandingkan dengan penurunan berat badan yang lebih stabil.

4. Kehilangan energi

Diet ketat juga membuat seseorang bakal kehilangan energi. Pasalnya, diet ketat bekerja dengan mengurangi glikogen dan simpanan air dalam tubuh. Sumber energi cadangan pun ikut habis karena diet ketat. Tubuh akan mudah mengalami lelah dan lesu.

5. Gangguan pola makan

Diet ketat juga bisa menimbulkan masalah psikis seperti gangguan pola makan di kemudian hari. Gangguan pola makan akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari dan juga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

"Dapat mengarahkan seseorang pada gangguan pola makan atau eating disorder," kata Rizal.

Itulah 5 bahaya diet ketat bagi kesehatan tubuh. Dibanding melakukan diet ketat, sebaiknya lakukan diet gizi seimbang yang diikuti dengan olahraga teratur. Konsultasikan pada ahli gizi untuk mendapatkan diet yang tepat.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER