7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Buat Otak Tetap Fokus

tim | CNN Indonesia
Rabu, 18 Aug 2021 06:59 WIB
Aktivitas di pagi hari dapat mempengaruhi hari Anda. Berikut 7 kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus. Aktivitas di pagi hari dapat mempengaruhi hari Anda. Berikut 7 kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus.(Foto: iStockphoto/torwai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak bisa dimungkiri, pekerjaan menumpuk, stres dan cemas akibat pandemi membuat otak susah sekali diajak fokus. Di tengah work from home (WFH), Anda juga dituntut untuk tetap bisa menyelesaikan tugas sembari mengajari anak mengerjakan PR misalnya.

Anda bisa mengatasi situasi sibuk ini dengan kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus. Lakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini hidup makin produktif.

Berikut 7 kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus.


1. Bunyi alarm yang lebih tenang

Ahli saraf Patrick K Porter menjelaskan raungan alarm yang mengagetkan berefek buruk pada sistem saraf. Cobalah untuk bangun tanpa bunyi alarm karena dapat membantu otak untuk lebih fokus. Atau Anda bisa mengganti bunyi alarm dengan bunyi yang lebih tenang.

2. Meditasi

beautiful happy girl with closed eyes practicing yoga in lotus position in bedroom in the morningSalah satu kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus adalah meditasi. (Foto: iStockphoto/LightFieldStudios)

Demi kesehatan dan ketajaman otak, ahli saraf Kristen Willeumier menyarankan untuk melakukan meditasi di pagi hari. Tidak perlu lama, meditasi bisa dilakukan selama beberapa menit.

"Meditasi mengurangi stres dan kecemasan dengan mengurangi kortisol dan epinefrin, yang membantu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan pola pernapasan," kata Willeumier mengutip dari Well and Good.

Selain itu, meditasi akan menciptakan sinkronisasi seluruh bagian otak sehingga meningkatkan kreativitas, pembelajaran, fokus dan perhatian.

3. Membaca buku

Di hari-hari yang serba cepat dan praktis, orang perlahan melupakan hal-hal sederhana untuk merangsang pikiran sekaligus membuat rileks. Ahli bedah saraf Jason Liauw, menyarankan untuk membaca di pagi hari. Membaca merupakan aktivitas terbaik untuk menajamkan otak.

"Membaca buku yang bagus atau koran pagi bukan hanya cara yang menenangkan untuk memulai hari Anda, tetapi juga dapat membantu Anda mengatur ulang prioritas Anda, membawa Anda keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari sebelum hari ini dimulai," kata Liauw seperti dikutip dari The Healthy.

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Buat Otak Tetap Fokus

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER