A TO Z

Mengenal Burnout: Gejala, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya

tim | CNN Indonesia
Minggu, 22 Aug 2021 10:08 WIB
Kenali apa itu burnout, gejala burnout, cara mencegah burnout, dan cara mengatasi burnout. Kenali apa itu burnout, gejala burnout, cara mencegah burnout, dan cara mengatasi burnout.(Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Work from home (WFH), pekerjaan yang menumpuk, lelah yang berkepanjangan, emosi yang tak stabil merupakan tanda-tanda burnout yang makin sering terjadi di masa pandemi Covid-19.

Setiap orang dapat mengalami burnout jika tak dapat mengelola stres dengan baik. Jika terus dibiarkan, burnout dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan merusak kesehatan mental.

Apa itu Burnout?

Psikolog Industri Organisasi, Kiky Dwi Saraswati menjelaskan burnout merupakan kondisi psikologis yang terjadi ketika penderitanya terpapar stres berkepanjangan lantaran pola kerja yang buruk dan tidak sehat.


"Yang rentan mengalami burnout adalah karyawan dengan pekerjaan yang stressful, baik dari segi beban kerja, tekanan, dan lingkungan kerja," kata Kiky saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (19/8).

Sementara itu, mengutip Aafp, burnout berasal dari gangguan metabolisme energi. Burnout dapat dianalogikan seperti baterai. Seseorang yang mengalami burnout layaknya kehabisan baterai. Burnout membuat seseorang tak bersemangat dan lelah berkepanjangan.

Gejala Burnout

Burnout ditandai dengan munculnya sejumlah gejala baik secara fisik maupun mental. Berikut gejala :

1. Merasa lelah

Pertama-tama, Anda akan mulai mengalami kelelahan psikologis yang juga berdampak pada kelelahan fisik.

"Sehingga walaupun sudah tidur cukup tapi tetap merasa lelah," kata Kiky.

2. Sinisme

Umumnya, perasaan lelah akan diikuti dengan hilangnya empati. Anda cenderung akan 'nyablak' dan 'ceplas-ceplos' lantaran tak lagi peduli dengan perasaan orang lain.

"Sinisme. Bersikap 'julid' tanpa memedulikan apakah orang lain sakit hati dengan ucapan dan perbuatannya atau tidak," kata Kiky.

Simak gejala burnout, cara mencegah burnout, dan cara mengatasi burnout di halaman berikut.

Mengenal Burnout: Gejala, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER