'Bahaya' Main Ponsel Sebelum Tidur

tim | CNN Indonesia
Minggu, 05 Sep 2021 03:24 WIB
Telepon genggam bisa jadi benda pertama yang dicari dan hal terakhir yang bersama anda sebelum tertidur. Apa jadinya kalau Anda menjauhkan ponsel dari kasur? Telepon genggam bisa jadi benda pertama yang dicari dan hal terakhir yang bersama anda sebelum tertidur. Apa jadinya kalau Anda menjauhkan ponsel dari kasur? (iStockphoto/Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telepon genggam bisa jadi benda pertama yang dicari dan hal terakhir yang bersama anda sebelum tertidur.

Hampir semua orang telah bergantung pada telepon genggam. Berbagai fitur yang tersedia di dalam kotak kecil persegi itu memang menjawab semua kebutuhan, bahkan hal yang tidak benar-benar anda butuhkan.

Anda bisa terpaku selama berjam-jam hanya karena memantau fitur media sosial yang tersedia di telepon anda. Kegiatan ini benar-benar menyita waktu bahkan waktu tidur anda.


Saat anda bersiap tidur dan telah melindungi badan dengan selimut, mata anda justru terpaku pada layar handphone, membuka berbagai fitur media sosial dan terpaku padanya. Satu jam, dua jam hingga anda lupa harusnya telah tertidur sejak tadi.

Dikutip dari Pure Wow,Ahli tdur dan Penasihat Sains di Sleep Cycle, Frida Rangtell mengatakan, penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Bahkan perangkat elektronik seperti telepon genggam bisa mengurangi jatah tidur yang semestinya anda dapatkan.

"Tidur mengharuskan kita untuk bersantai, dan ada risiko bahwa menggunakan ponsel dan barang elektronik lainnya sebelum tidur malah dapat merangsang dan memberi makan otak anda dengan konten yang menarik," kata dia.

Padahal, saat tidur otak akan melalui empat tahap dan waktu istirahat. Hal ini juga hanya bisa dilalui jika waktu tidur di malam hari terpenuhi dan tidak terpapar elektronik.

Pertama, di tahap tidur ringan di mana anda terhanyut dalam waktu antara tidur dan bangun. Kemudian tidur nyenyak yang berhubungan dengan pemulihan, pembersihan otak, perbaikan jaringan dan pembangunan kembali otot.

Selanjutnya tidur tahap dua, di mana anda terlelap hampir sepanjang malam dan telah dikaitkan dengan proses memori. Tahap terakhir adalah tidur REM yang terjadi menjelang pagi hari dan ditandai dengan kelumpuhan otot, kedutan otot sesekali dan gerakan mata yang cepat.

Namun semua itu tidak bisa terjadi dengan sempurna jika layar handphone anda masih menyala menjelang dini hari.

"Anda mungkin merasa lebih sulit untuk bersantai dan mendapati diri Anda bangun melewati waktu tidur Anda. Lampu layar juga dapat meningkatkan perasaan waspada dalam kondisi tertentu, sehingga menunda tidur lebih lanjut," kata dia.


Apa Yang Terjadi Jika Menjauhkan Handphone Sebelum Tidur

Tentunya jika anda mulai menjauhkan perangkat gadget anda sebelum tidur akan ada dampak positif yang terasa. Salah satunya yakni tidur tepat waktu yang akan berdampak pada kondisi kesehatan fisik dan mental anda.

"Kita mungkin mendapati diri kita tidur lebih sering tepat waktu dan menghindari stres tambahan atau perasaan cemas, karena kita akan membatasi gangguan," kata dia.
Selain itu, dalam Psychology Today dijelaskan, saat seseorang tertidur dengan waktu yang cukup tanpa memainkan perangkat telepon genggamnya, maka hormon melatonin akan terproduksi dan bekerja dengan baik.

Hormon ini berguna untuk anda dalam pemulihan otak, terutama melindungi kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

Tak hanya itu, menjauhkan telepon genggam sebelum tidur juga bisa memperbaiki mood atau perasaan anda di pagi hari. Bahkan karena tidur yang cukup anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes atau bahkan kanker.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER