Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Kotak Makan Plastik

tim, CNN Indonesia | Senin, 13/09/2021 11:40 WIB
Saat akan digunakan lagi, kotak makan masih menyisakan bau amis dari makanan sebelumnya. Bagaimana agar kotak makan kembali bersih dan tak bau? Saat akan digunakan lagi, kotak makan masih menyisakan bau amis dari makanan sebelumnya. Bagaimana agar kotak makan kembali bersih dan tak bau?xxa iStockphoto/lithiumcloud
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat akan digunakan lagi, ternyata kotak makan masih menyisakan bau amis dari makanan sebelumnya.

Padahal Anda sudah mencucinya sampai bersih menggunakan sabun. Hal ini tentu menyebalkan, mengingat ini kotak makan kesayangan dari merek kenamaan.

Bagaimana agar kotak makan kembali bersih tanpa meninggalkan bau tak sedap?


1. Paper towel dan cuka

Cara pertama, gunakan cuka dan paper towel (kertas makan berukuran besar). Melansir dari Good Housekeeping, basahi paper towel dengan cuka rumahan yang bening. Kemudian letakkan pada kotak makan semalaman. Keesokan harinya, cuci seperti biasa dan langsung keringkan.

2. Taburan garam

Cuci kotak makan dengan sabun dan keringkan. Saat malam, taburkan garam pada kotak makan dan tutup rapat. Melansir dari Health Site, garam akan membantu menghilangkan bau dan menjaga kotak makan tetap aman dari kuman.

3. Koran

Bongkar lagi tumpukan koran bekas Anda. Potong dan remas jadi gumpalan sesuai ukuran kotak makan. Tempatkan gumpalan koran pada kotak makan lalu tutup rapat selama semalam atau lebih sampai baunya hilang.

4. Arang

Biasanya tumbukan arang atau abu ampuh membersihkan peralatan masak dan alat makan yang berbau. Namun sangat berisiko menggunakannya pada kotak makan plastik karena akan menimbulkan goresan.

Sebaiknya tempatkan arang utuh pada kotak makan, tutup dan biarkan hingga bau tak sedap hilang.

5. Baking soda

Melansir dari The Ktchen, penggunaan baking soda bisa menyelamatkan kotak makan Anda. Terlebih dahulu buat campuran baking soda dan air hingga jadi mirip pasta. Kemudian oleskan pasta baking soda pada bagian dalam kotak. Biarkan selama 1-2 hari lalu bilas. Ulangi jika kotak masih bau.

6. Lemon

Meski Anda sudah menggunakan sabun aroma lemon atau jeruk, tetap saja kotak makan masih bau. Triknya, coba cuci kotak makan bersama potongan lemon. Anda bisa menggosok kotak dengan potongan lemon atau sesederhana menambahkan perasan lemon pada sabun.

7. Bubuk kopi

Biji kopi kadang dimanfaatkan jadi pewangi kamar mandi atau ruangan. Bermodal konsep ini, Anda juga bisa menghilangkan bau pada kotak makan dengan menaburkan bubuk kopi. Biarkan sampai bau hilang.

8. Jemur

Bau tak sedap pada kotak makan juga bisa hilang dengan sinar matahari alami. Setelah dicuci, lap lalu jemur kotak.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK