Mengenal Overdosis: Gejala, Bahaya, dan Penanganannya

tim | CNN Indonesia
Selasa, 31 Aug 2021 07:50 WIB
Dunia memperingati Hari Kesadaran Overdosis tiap 31 Agustus. Kenali apa itu overdosis, gejala overdosis, bahaya dan penanganannya. Dunia memperingati Hari Kesadaran Overdosis tiap 31 Agustus. Kenali apa itu overdosis, gejala overdosis, bahaya dan penanganannya.(Foto: Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dunia memperingati Hari Kesadaran Overdosis Internasional atau International Overdose Awareness Day pada hari ini, Selasa, 31 Agustus. Pada tahun ini, Hari Kesadaran Overdosis mengangkat tema Let's Work Together to #EndOverdose atau mari bekerja sama untuk mengakhiri overdosis.

Kenali apa itu overdosis, gejala overdosis, bahaya serta penanganannya.

Apa itu overdosis?

Overdosis adalah efek samping serius yang timbul karena konsumsi obat lebih dari jumlah normal. Overdosis umumnya terjadi karena penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang.


Overdosis merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan segera. Overdosis yang tak ditangani dapat menyebabkan kematian.

Data WHO menunjukkan sekitar 500 ribu kematian disebabkan oleh penggunaan narkotika di seluruh dunia tiap tahunnya. Lebih dari 70 persen kematian ini terkait dengan opioid seperti heroin dan morfin.

Di Indonesia, data mengenai overdosis tak terekam dengan baik.

"Data overdosis di Indonesia sangat minim, sering tidak di-record dengan baik, kadang karena faktor stigma juga," kata dokter ahli adiksi Hari Nugroho kepada CNNIndonesia.com, Senin (30/8).

Menurut Hari, stigma yang melekat menjadi halangan dalam pencatatan dan penanganan overdosis.

"Overdosis sering dilihat sebagai aib atau stigma, sehingga pencatatan, penanganan menjadi kurang baik. Menerima dan aware dengan masalah ini akan membuat hal tertangani dengan baik," kata Hari.


Gejala Overdosis

Dikutip dari NHS, overdosis ditandai dengan munculnya sejumlah gejala. Gejala yang muncul dapat berbeda-beda pada tiap orang tergantung pada obat-obatan yang digunakan.

Berikut gejala overdosis:

  • Suara mendengkur
  • Detak jantung cepat atau rendah
  • Nyeri dada
  • Mual dan muntah yang parah
  • Hipertemia atau kepanasan
  • Semburat biru pada bibir, kuku, lutut
  • Kesulitan bernapas
  • Tidak sadar diri, tidak bisa dibangunkan dan tidak merespons saat dipanggil

Bahaya overdosis yang tidak ditangani selain menimbulkan gejala-gejala tersebut adalah dapat merusak organ dan menyebabkan kematian.

Penanganan Overodosis

Jika menemukan seseorang yang mengalami overdosis, segera hubungi rumah sakit atau ambulans pada nomor 119 di Indonesia.

National Council on Alcoholism and Drug Dependence (NCADD) menyebut pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada orang yang overdosis adalah dengan memeriksa napas dan detak jantung. Jika orang tersebut dalam keadaan sadar, mintalah untuk tetap tenang.

Penggunaan naloxone juga dapat diberikan untuk membalikkan efek dari overdosis opioid.

Itulah gejala overdosis, bahaya overdosis, dan penanganan overdosis.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER